WIDIANTI, ERNA (2020) PENGARUH PENGAWASAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA-SISWI SMPN 2 KECAMATAN KENDURUAN KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (103kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (667kB)
BAB 1.pdf
Download (317kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (341kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (197kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (389kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (221kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (90kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Orang Tua merupakan suatu faktor utama bagi seorang anak, selain itu orang tua bukan hanya sebagai pengasuh akan tetapi juga menjadi sekolah pertama bagi anak anaknya, Pengaruh orang tua merupakan suatu dorongan yang timbul dari dalam diri dari dalam dan dari luar diri individu untuk melakukan aktivitas belajar sesuai dengan keinginan yang dituju. Prestasi belajar merupakan suatu hasil belajar yang diberikan pada siswa setelah akhir semester yang berupa angka atau nilai raport. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui upaya orang tua memantau anaknya terhadap pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), (2)Untuk mengetahui pengaruh orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa siswi SMPN2 Kenduruan. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh orang tua pada prestasi belajar pendidikan agama Islam pada siswa siswi “SMPN2 Kenduruan “. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang dijadikan objek penelitian sebanyak 22 siswa di “SMPN2 Kenduruan” Dan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data dianalisis dengan Product Moment. Berdasarkan analisa penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: bahwa pengaruh orang tua terhadap prestasi belajar siswa “SMPN2 Kenduruan” Setelah diketahui “r” dari korelasi product moment yaitu sebesar 0,659, maka langkah selanjutnya adalah mengkonsultasikan hasil perhitungan dengan harga kritik dalam tabel “r” product moment, dengan N = 22. Pada N = 22 taraf signifikansi 5% = 0,423, sedangkan pada taraf signifikansi 1% = 0,537, maka terbukti bahwa “r” observasi baik pada taraf signifikasi maupun ada taraf signifikansi. Taraf signifikansi 5% dan 1% lebih kecil dari pada harga kritik pada table “r” product moment, yaitu; 0,423<0.659>0,537. Dengan melihat taraf signifikansi tersebut, data ditarik kesimpulan bahwa nihil (H0) yang berbunyi “Bahwa Orang Tua tidak berpengaruh terhadap kepribadian siswa SMPN 2 Kecamatan Kenduruan Kabupaten Tuban” Ditolak. Sementara hipotesis alternative (Ha) yng berbunyi “Bahwa Orang Tua berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Pendidikan agama Islam Siswa siswi SMPN2 Kec. Kenduruan Kab. Tuban”
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Orang Tua, Prestasi Belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 03:53 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 03:53 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor AZIZ S., SU’UDIN UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/558 |