METODE PENANAMAN NILAI-NILAI AJARAN ISLAM PADA SISWA MI ISLAMIYAH DESA KUNIRAN KECAMATAN PURWASARI BOJONEGORO

PURNOMO, MOH (2011) METODE PENANAMAN NILAI-NILAI AJARAN ISLAM PADA SISWA MI ISLAMIYAH DESA KUNIRAN KECAMATAN PURWASARI BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2011_MOH. PURNOMO.pdf] Text
2011_MOH. PURNOMO.pdf

Download (34MB)

Abstract

Proses penanaman nilai ajaran Islam menjadi sangat penting bagi peserta dıdık untuk dapat mengamalkan dan mentaatı ajaran dan nilai-nılar agama dalam kehidupannya, sehingga tujuan Pendıdıkan Agama Islam tercapai. Upaya sekolah untuk dapat menanamkan nılaı ajaran Islam kepada siswa dınılai penting untuk membentuk anak shalıh dan shalihah. Berpijak darı uraian diatas permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana bentuk metode penanaman yang diterapkan di MI Desa Kuniran Kecamatan Purwasarı Bojonegoro sebagai upaya untuk menanamankan nilai ajaran Islam, dan (2) Nılaı-nılaı apa saja yang muncul dan dırasakan oleh peserta dıdık. Sedangkan tujuan darı penelitian inı adalah (1) untuk mendiskrıpsıkan bagaimana bentuk metode penanaman yang diterapkan di MI Desa Kuniran Kecamatan Purwasarı Bojonegoro sebagai upaya untuk menanamkan nılaı ajaran Islam, dan (2) untuk mendiskrıpsıkan nilai-nilai apa saja yang muncul dan dırasakan oleh peserta didik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu yang memberi gambaran secermat mungkin mengenai suatu individu, keadaan, gejala, atau kelompok tertentu, dalam penelitian ini untuk mengetahui informasi tentang metode penanaman yang diterapkan di Mi Islamıyah desa Kuniran kecamatan Purwasarı Bojonegoro sebagai upaya menanamkan nilai ajaran Islam melalui sholat dzuhur berjamaah, sholat dhuha, tadarus sebelum pelajaran dimulai, membaca do'a sebelum dan sesudah pelajaran, berjabat tangan dan mengucapkan salam, serta pengumpulan dana sosial. Nilai-nilai yang muncul dan dirasakan oleh siswa adalah nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan sedangkan nilai-nilai lain yang ada pada penanaman yang diterapkan, yaitu nılaı ikhlas, tawakkal, dısıplın, kebersihan, persaudaraan, persamaan, dan syukur juga dirasakan tapi tidak dapat diukur sehingga hanya dapat dilihat darı tingkah laku atau akhlak mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:21
Last Modified: 02 Aug 2024 08:21
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
YUSUF, ANAS
NIDN0000000000
Thesis advisor
HUDA, NURUL
NIDN2114067801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5565

Actions (login required)

View Item
View Item