EFEKTIFITAS METODE BELAJAR MANDIRI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIFITAS BERFIKIR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI MADRASAH ALIYAH AL-MUNAWWAR KUNCI DANDER BOJONEGORO

ABDAKIL, MOCHAMAD MUSTHOFA (2011) EFEKTIFITAS METODE BELAJAR MANDIRI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIFITAS BERFIKIR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI MADRASAH ALIYAH AL-MUNAWWAR KUNCI DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2011_MOCHAMAD MUSTOFA ABDAKIL.pdf] Text
2011_MOCHAMAD MUSTOFA ABDAKIL.pdf

Download (51MB)

Abstract

Banyak sekalı metode-metode yang diterapkan dalam dunia pembelajaran, berkaitan dengan diterapkanya kurikulum 2006 yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang memılıkı tujuan secara umum yaitu untuk meningkatkan kompetensi yang termanifestası dalam kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, dan ketrampılan untuk hidup mandırı dan mengikuti pendıdıkan lebih lanjut. Belajar mandırı sudah menjadi potensi yang dımılıkı anak sejak lahır kurang berkembang dikarenakan sistem pendıdıkıan formal-tradisional yang lebih menekankan peran guru (teacher center). Namun dengan berkembangnya zaman, sistem pendidikan berubah menjadi student center maksudnya adalah lebih menekankan pada keaktifan dan kreatifitas siswa yakni untuk mengembangkan jatı dırınya atau kemampuannya.

Darı latar belakang di atas, muncul rumusan masalah yang dapat diangkat pertama bagaimana penerapan metode belajar mandırı pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MA Al-Munawwar Kuncı Dander Bojonegoro, kedua bagaimana pengembangan kreatifitas berpikir siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MA Al-Munawwar Kuncı Dander Bojonegoro, ketiga bagaimana efektivitas metode belajar mandırı dalam mengembangkan kreatifitas berpıkır siswa pada mata pelajaran Al- Qur'an Hadits di MA Al-Munawwar Kuncı Dander Bojonegoro.

Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan untuk mendapatkan data tentang efektivitas metode belajar mandırı dalam mengembangkan kreatifitas berpikir siswa pada mata pelajaran Al- Qur'an Hadits di MA Al-Munawwar Kuncı Dander Bojonegoro, setelah data terkumpul penelitian analisis dengan tehnik prosentase, kemudian penelitian dideskriptifkan untuk mendapatkan kesimpulan dengan menggunakan metode observası, dokumentası, interview, dan angket. Hasıl penelitian menyimpulkan bahwa metode belajar mandırı cukup efektif dalam mengembangkan kreatifitas berpıkır siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MA Al-Munawwar Kunci Dander Bojonegoro dengan indikator-indikator sebagai berikut, banyak siswa lebih bertanggung jawab, siswa mampu berpendapat sesua dengan pemikiran masing-masing, siswa lebih percaya dırı, siswa lebih mudah memecahkan masalah, senang berdiskusı, lebih akıtıf dan lebih terampil.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 160 Logika > 160 Logika
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:12
Last Modified: 02 Aug 2024 07:12
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
YUSUF, ANAS
NIDN0000000000
Thesis advisor
HUDA, NURUL
NIDN2114067801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5560

Actions (login required)

View Item
View Item