APLIKASI HASIL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI OLEH SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH PEЈОК КЕРОНВARU BOJONEGORO

SOLIKIN, M (2011) APLIKASI HASIL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI OLEH SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH PEЈОК КЕРОНВARU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2011_M. SOLIKIN.pdf] Text
2011_M. SOLIKIN.pdf

Download (28MB)

Abstract

Pendidikan Islam merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena dengan pendıdıkan Islam, manusia dapat hidup secara terhormat baik di hadapan Allah maupun di hadapan manusia. Pendıdıkan Islam yang meliputi pengajaran dan kegiatan-kegiatan lainnya yang bernilai pendıdıkan tidak akan berhasıl jika didukung dengan metode pengajaran yang tepat dan kegiatan-kegiatan yang mempunyai nilai-nilai pendıdıkan merupakan penerapan dan pembiasaan dalam kehidupan siswa sehari-harı. Untuk itu, MI Islamıyah Pejok dalam metode pengajarannya menggunakan metode ceramah, kerja kelompok, tanya jawab, diskusı, karya wisata, musyawaroh, diterapkan dı MI Islamıyah Pejok pada umumnya. Dan dalam kesehariannya di MI Islamıyah Pejok ini juga terdapat kegiatan-kegiatan pendidikan yang mengandung nilai-nilai pendıdıkan Islam.

Bertolak darı situ, maka peneliti dalam penelitian ini memfokuskan pada dua macam rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana Metode Pengajaran agama di MI Islamıyah Pejok?, 2) Bagaimana paktek keagamaan dalam kehidupan sehari-harı dı MI Islamıyah Pejok. Untuk menjawab darı dua rumusan masalah di atas, maka penelıtı dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan bukannya kuantitatif yang menggunakan angka-angka.

Setelah data yang peneliti temukan, data peneliti paparkan dan selanjutnya dianalısıs. Setelah menganalısıs data yang peneliti temukan di lapangan, maka hasilnya dapat peneliti paparkan sebagai berikut 1) Metode pengajaran yang diterapkan di MI Islamıyah Pejok menggunakan metode ceramah, kerja kelompok, tanya jawab, diskusi, karya wisata, musyawaroh dan metode ini sangat sesuai dengan metode pengajaran yang diterangkan oleh para pakar pendıdıkan 2) Kegiatan-kegiatan yang terdapat di metode ceramah, kerja kelompok, tanya jawab, diskusı, karya wisata, musyawaroh dalam kesehariannya adalah merupakan praktek darı pendıdıkan Islam dalam kehidupan sehari-harı. Berdasarkan temuan penelitian ını, dapat diberikan saran bahwa siawa adalah merupakan penerus agama maka seharusnyalah dıdıdık dengan pendidikan yang sesuai. Dengan metode pengajaran dan kegiatan yang tepat maka akan dapat dihasilkan suatu hasıl pendıdıkan yang sesuai dengan pendıdıkan Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 18 Jul 2024 06:40
Last Modified: 18 Jul 2024 06:40
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
YUSUF, ANAS
NIDN0000000000
Teacher
HUDA, NURUL
NIDN2114067801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5458

Actions (login required)

View Item
View Item