PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA BIDANG STUDI FIQIH DI KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH MAFATIHUL HUDA KEDATON KECAMATAN KAPAS KABUPATEN BOJONEGORO

MUKAYAH, MUKAYAH (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA BIDANG STUDI FIQIH DI KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH MAFATIHUL HUDA KEDATON KECAMATAN KAPAS KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2011_MUKAYAH.pdf] Text
2011_MUKAYAH.pdf

Download (39MB)

Abstract

Proses interaksi belajar mengajar adalah intı darı kegiatan pembelajaran. Sebagai inti dari kegiatan pembelajaran, proses interaksi belajar mengajar adalah suatu upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran tidak akan tercapai bila proses interaksi belajar mengajar tidak pernah berlangsung dalam pendıdıkan. Guru dan siswa adalah dua unsur yang terlibat langsung dalam proses itu. Siswa berperan sebagai pembelajar dan guru berperan sebagai pengajar, kedua-duanya merupakan subyek yang sama-sama melakukan aktivitas, baik berupa aktivitas fisik maupun mental. Apabila kedua-duanya berjalan secara dua arah, maka proses pembelajaran akan berjalan dengan baik.

Berpijak darı uraian diatas permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah Model Pembelajaran TGT di MI Mafatihul Huda Kedaton Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro (2) Bagaimana efektivitas belajar siswa pada bidang studı Fıqıh dikelas VI MI Mafatıhul Huda Kedaton Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro (3) Adakah pengaruh model pembelajaran TGT terhadap efektifitas belajar siswa pada bidang studi Fiqih di kelas VI MI Mafatihul Huda Kedaton Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro. Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui Model Pembelajaran TGT di MI Mafatıbul Huda Kedaton Kecamatan KapasKabupaten Bojonegoro (2) Mengetahui Efektivitas belajar siswa pada bidang studi Fiqih dikelas VI MI Mafatıhul Huda Kedaton Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro (3) Mengetahui Ada atau tidaknya Pengaruh model pembelajaran TGT terhadap efektifitasbelajar siswa pada bidang studi Fiqih di kelas VI MI Mafatshul Huda Kedaton Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro.

Penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) di MI Mafatihul Huda Kedaton Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro termasuk dalam kategori cukup sedangkan Efektivitas belajar siswa kelas VI termasuk dalam kategorı baik, hal ini dapat dilihat darı hasıl analısıs data melalui prosentase diperoleh sebesar 79,33% yang berada diantara 76% 100% dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap efektivitas belajar siswa di MI Mafatıhul Huda Kedaton Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 18 Jul 2024 06:17
Last Modified: 18 Jul 2024 06:17
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
NIDN2110027101
Thesis advisor
ROZAQ, ABD
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5456

Actions (login required)

View Item
View Item