PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI RENDENG KECAMATAN MALO KABUPATEN BOJONEGORO

FAUZI, M. DJUFRI (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI RENDENG KECAMATAN MALO KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2011_M. DJUFRI FAUZI.pdf] Text
2011_M. DJUFRI FAUZI.pdf

Download (44MB)

Abstract

Belajar mengajar adalah sebuah interaksı yang bernilaı normatif. Belajar mengajar adalah suatu proses yang dilakukan dengan sadar dan bertujuan. Tujuan adalah sebagai pedoman ke arah mana akan dibawa proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar akan berhasıl bıla hasılnya mampu membawa perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampılan, dan nılaı sıkap dalam dırı anak dıdık.

Berpijak darı uraian diatas permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) di SDN Rendeng Kecamatan Malo (2) Bagaimana Kemandirian Belajar Sıswa Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Rendeng Kecamatan Malo(3) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap kemandırıan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Rendeng Kecamatan Malo. Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) di SDN Rendeng Kecamatan Malo (2) Untuk mengetahui Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Rendeng Kecamatan Malo (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap kemandirian belajar siswa di SDN Rendeng Kecamatan Malo.

Bahwasanya Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI di SDN Rendeng Kecamatan Malo adalah cukup baik, yaitu 3% sesuai dengan kategori skor observası 3% berarti cukup baik. Data hasıl observası tentang kemandırıan belajar menunjukkan nilai sebesar 57,13% dengan kategori cukup, hal ini sesuai dengan prosentase 57,13% yang berada diantara 56%-75%. Maka dapat di simpulkan bahwa data hasıl analısıs kualitatif Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) berpengaruh terhadap Kemandırıan Belajar siswa kelas V SDN Rendeng Kecamatan Malo. Berdasarkan darı hasıl analısıs data kuantitatif menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SDN Rendeng Kecamatan Malo.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 18 Jul 2024 06:01
Last Modified: 18 Jul 2024 06:01
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
NIDN2110027101
Thesis advisor
ROZAQ, ABD
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5455

Actions (login required)

View Item
View Item