PERANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGGULANGI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SABILUL MUTTAQIN MARGOAGUNG SUMBERREJO BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SHOLIKADIN, AHMAD (2011) PERANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGGULANGI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SABILUL MUTTAQIN MARGOAGUNG SUMBERREJO BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2011_AHMAD SHOLIKADIN.pdf] Text
2011_AHMAD SHOLIKADIN.pdf

Download (42MB)

Abstract

Pentingnya bimbingan dan konseling di sekolah menengah pada saat ini sangat diperlukan untuk mengantarkan anak dıdık kearah kedewasaan. Karenanya sekolah sebagai lembaga pendıdıkan formal yang memerlukan tenaga pembimbing yang professional. Di mana pembimbing tidak hanya menguasai bahan belajar, tetapı juga menguasai nilai-nilai yang terdapat dalam pendıdıkan. Sehubungan dengan hal tersebut maka siswa dipengaruhi oleh proses pembimbing.

Membahas tentang peranan bimbingan dan konseling sekolah tidak terlepas darı proses belajar mengajar dalam proses antara pembimbing dan siswa bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. Secara definitif bimbingan dan konseling adalah orang yang pekerjaannya mengajar dan mendidik serta sebagai pembimbing. Sedangkan siswa atau anak adalah yang sedang belajar.

Berdasarkan hal tersebut di atas, pembahasan skrıpsı ını adalah tentang peranan bimbingan dan konseling dalam penanggulangan kesulitan belajar siswa di MTs Sabılul Muttaqın. Adapun yang menjadi pokok permasalahan dalam skrıpsı ını adalah tentang bagaimana peranan bimbingan dan konseling dalam penanggulangan kesulitan berlajar siswa MTs Sabılul Muttaqın.

Sedangkan yang menjadi sub pokok permasalahan ini adalah tentang bagaimana peranan bimbingan dan konseling dalam peanggulangan kesulitan belajar siswa dengan bimbingan yang bersifat preventif dan bimbingan yang bersifat kuratif di MTs Sabılul Muttaqın.

Dan hasıl penelitian lapangan diperoleh kesimpulan bahwa peranan bimbingan dan konseling dalam penaggulangan kesulitan belajar siswa dengan bimbingan, baik bimbingan yang bersifat preventif maupun yang bersifat kuratif adalah cukup atau sedang, hal ını nampak pada aktifitas bimbingan dan konseling yang dilaksanakan di MTs Sabılul Muttaqın Desa Margoagung Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:52
Last Modified: 11 Jul 2024 03:52
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AHMAD, BADARUDDIN
NIDN0000000000
Thesis advisor
ROZAQ, ABD
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5439

Actions (login required)

View Item
View Item