STRATEGI BELAJAR MENGAJAR BIDANG STUDI FIQIH SISWA DI MTS SALAFIYAH ASY-SYAFIIYAH WOTSOGO KECAMATAN JATIROGO KABUPATEN TUBAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

ROHMAH, ISTIANATUR (2011) STRATEGI BELAJAR MENGAJAR BIDANG STUDI FIQIH SISWA DI MTS SALAFIYAH ASY-SYAFIIYAH WOTSOGO KECAMATAN JATIROGO KABUPATEN TUBAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2011_ISTIANATUR ROHMAH.pdf] Text
2011_ISTIANATUR ROHMAH.pdf

Download (40MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan Strategi Belajar Mengajar Bidang Studi Fiqth Siswa di MTs Salafiyah Asy-Syafi'ryah Wotsogo Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2010/2011. Pembahasan skripsi ini seputar tinjauan tentang strategi yang digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar Bidang Studi Fiqih Siswa di MT's Salafiyah Asy-Syafi'ryah Wotsogo Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2010/2011, mengidentifikası langkah-langkah yang ditempuh dan faktor yang menunjang pelaksanaan Strategi Belajar Mengajar Bidang Stuch Fiqih Siswa di MTs Salafiyah Asy-Syafi'iyah Wotsogo Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2010/2011. Sedangkan yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah (1) Penentuan Strategi Belajar Mengajar Bidang Studi Fiqih, (2) Mengidentifikası langkah-langkah yang ditempuh dan faktor-faktor yang menunjang pelaksanaan strategi belajar mengajar bidang studi Fiqih, dan (3) Prestası belajar bidang studı Fıqıh.

Permasalahan-permasalahan di atas dibahas dengan memadukan teori-teori yang berkaitan dengan materi yang telah dirumuskan. Untuk memperoleh data yang berkaitan dengan permasalahan yang telah dirumuskan, penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu (1) Observası, (2) Interview atau wawancara, dan (3) Dokumenter. Sedangkan untuk membahas dan menggambarkan permasalahan tersebut digunakan beberapa metode yaitu (1) Metode Induktif, (2) Metode Deduktif, dan (3) Metode Comparative Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif analıtık yaitu data yang telah diperoleh dan haul penelitian seperti hasil pengamatan, hasıl wawancara, dokumen, catatan lapangan yang telah disusun penulis, tidak dituangkan dalam bentuk bilangan statistik, tetapi peneliti menganalısa data dengan memperkaya informasi melalui analısıs komparası, dengan tidak menghilangkan data aslinya dan keaslian data tersebut.

Dan hasıl penelitian ini dapat diketahui bahwa strategi belajar mengajar Bidang Studi Fiqih Siswa di MTs Salafiyah Asy-Syafi'ryah Wotsogo Kecamatan Jatırogo Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2010/2011 dilaksanakan dengan menggunakan tiga macam metode, yaitu (1) Metode ceramah, (2) Metode tanya jawab, dan (3) Metode tugas. Adapun langkah-langkah yang ditempuh adalah membuat program tahunan, program semester, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan kısı kisi soal untuk evaluası.

Dengan demikian pelaksanaan Strategi Belajar Mengajar Bidang Studi Fiqih Siswa di MTs Salafiyah Asy-Syafi'ryah Wotsogo Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2010/2011 masih perlu pembenahan. Dalam penggunaan metode mengajar sebaiknya metode diskusi diikutsertakan dalam pembelajaran fiqih, karena metode tersebut dapat melatih siswa untuk terlihat langsung dalam dialog keagamaan sehingga guru dapat mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tentang materi pelajaran fiqıh.

Untuk lebih meningkatkan kemampuannya guru diharapkan membaca buku-buku yang mengacu pada strategi belajar mengajar, sehingga guru akan lebih mudah menguasai kelas dalam menerapkan metode mengajar. Untuk lebih memantapkan pemamahan siswa terhadap materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:44
Last Modified: 11 Jul 2024 03:44
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MASJKUR, M
NIDN0000000000
Thesis advisor
SYAIFUDDIN, M
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5438

Actions (login required)

View Item
View Item