NAIM, ABU (2011) PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF UMAR IBN AHMAD BARAJA (STUDI KITAB AL-AKHLAK LI AL-BANIN). Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.
2011_ABU NAIM.pdf
Download (56MB)
Abstract
Pendidikan akhlak adalah kajian yang bertujuan untuk memberikan bimbingan moral terhadap individu, sehingga tercipta jiwa yang bersih dan akhlak yang mulia sekaligus mampu menghindarı akhlak yang tercela.
Kajian ini berangkat dari fenomena bahwa manusia adalah makhluk sosial yang selalu mengadakan interaksi dengan orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Di era globalisası yang sarat dengan perubahan pada hampir semua aspek kehidupan menghadapkan manusia pada situası yang cepat berubah, sehingga terjadi transisi nilai-nilai moral, ekonomi, politik, sosial dan budaya dalam kehidupan masyarakat. Keadaan ini menuntut untuk segera diantisipasi dengan jalan menanamkan nilai moral yang diharapkan mampu menciptakan balance kehidupan manusia. Pendidikan Islam dalam saha menanamkan nilai moral ini tampil sebagai pembentuk akhlak dan budi pekerti yang sanggup menjadikan individu-individu yang bermoral tinggi, jiwa yang bersih, kemauan yang keras, cita-cita yang benar dan berakhlak mulia.
Dengan menggunakan metode content analysis dan pendekatan simbolik, kajian ini berusaha menganalısıs konsep pendidikan akhlak dalam kıtab al-Akhlak li al-Banın karya Umar ibn Ahmad Baraja. Dalam kitab ini beliau menjelaskan mengenai pendidikan akhlak, konsep akhlak, pentingnya pendidikan akhlak, tujuan yang ingin dicapai, materi dan metode yang dipakai dalam pendıdıkan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sahabat Perpus |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:31 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:31 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI NIDN2110027101 Thesis advisor IMROATUL, AZIZAH NIDN0000000000 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5437 |