PENGARUH PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU BK DI MADRASAH TSANAWIYAH ISLAMIYAH KUNIRAN KECAMATAN PURWOSARI KABUPATEN BOJONEGORO

SANUSI, AHMAD (2011) PENGARUH PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU BK DI MADRASAH TSANAWIYAH ISLAMIYAH KUNIRAN KECAMATAN PURWOSARI KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2011_AHMAD SANUSI.pdf] Text
2011_AHMAD SANUSI.pdf

Download (45MB)

Abstract

Musibah yang menimpa bangsa Indonesia, malapetaka yang melanda masyarakat Islam, kezalıman dan penimbunan kekayaan oleh yang kuat terhadap yang lemah merupakan akibat dari buruknya pendidikan manusia, tidak adanya usaha mencari kesempurnaannya serta penyimpangan darı fıtrah dan tabiat kemanusiaan. Dalam konteks inı, maka pendidikan Islam menanggung beban yang lebih berat dimana pendidikan Islam harus melahirkan darı rahımnya manusia yang beriman dan berpengetahuan dengan senantiasa memodifikasıkan diri agar sesuai dan sejalan dengan kemajuan ilmu dan teknologi (IPTEK). Pemikiran KH Mustain Romly tentang pendidikan Islam dapat dikajı kembali untuk digunakan dalam memberikan solusi terhadap problem yang dihadapi oleh pendidikan Islam.

Penelitian ini bertujuan, pertama, ingin mengetahui pandangan KH Mustain Romly tentang konsep pendidikan Islam. Kedua, ingin mendapatkan gambaran mengenai komponen pendidikan Islam dalam pandangan KH Mustain Romly.

Penehtian ini bersifat diskriptif kualitatif. Data primer diperoleh darı informası para informan melalui wawancara dan telaah biografi. Sedangkan, data sekunder diambil darı kepustakaan atau dokumentası. Hasıl akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, pandangan KH Mustain Romly tentang pendidikan Islam adalah pendidikan yang utuh dan diharapkan dapat mencetak manusia yang beriman dan bertaqwa serta berilmu dan berteknologı, yaknı manusia yang "Berotak London dan Berhatı Masjıdıl Haram". Kedua, KH Mustain Romly membawa pembaharuan dalam pendıdıkan Islam, yang beliau aplıkasıkan dalam pengembangan Pondok Pesantren Darul Ulum di Peterongan Jombang, hal ini terlihat pada pandangan beliau tentang tujuan pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:22
Last Modified: 11 Jul 2024 03:22
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SUGENG, SUGENG
NIDN0000000000
Thesis advisor
SALAMUN, MOH
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5436

Actions (login required)

View Item
View Item