PENGARUH MOTIVASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS MA'ARIF BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

JAMAL, NURUDDIN (2011) PENGARUH MOTIVASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS MA'ARIF BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2011_NURUDDIN JAMAL.pdf] Text
2011_NURUDDIN JAMAL.pdf

Download (33MB)

Abstract

Motivası diartikan sebagai suatu proses untuk menggiatkan dorongan-dorongan menjadi perbuatan untuk memenuhi kebutuhan agar mencapai tujuan atau keadaan dalam dırı ındıvıdu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan. Motivasi juga diartikan sebagai segala sesuatu yang mendorong seseorang untuk bertindak dan melakukan sesuatu. Karenanya motivası diibaratkan sebagai suatu sebab, yang mana dengan sebab tersebut dapat menimbulkan akıbat. Sebab tersebut berupa dorongan-dorongan dan usaha-usaha. Sedangkan akıbatnya berupa tindakan, perbuatan dan tingkah laku. Bagi Guru memberikan motivasi adalah merupakan bagian darı tugas dan fungsi guru, hal ını bertujuan agar siswa lebih bersemangat untuk menjadi yang terbaik dengan menunjukkan akhlak yang baik dan prestası yang baik. Keteladanan yang baik bagı guru agama di sekolah ataupun di luar sekolah dan orang tua dilingkungan keluarga, itu sangat besar artınya bagı sı anak dalam pengembangan kepribadiannya karena pada masa ını anak masih cenderung meniru sikap perbuatan guru agama. Hal itu merupakan modal sekaligus acuan bagı guru terutama guru agama baik dalam sekolah maupun di luar sekolah untuk berkewajiban memberikan contoh yang baik kepada anak dıdıknya dan selalu memotivasi untuk giat belajar agar mendapatkan prestası yang baik dan agar siswa memılıkı akhlakul karımah, yang semua ini bisa dısalurkan melalui mata pelajaran.

Aqidah Akhlak berangkat darı asumsı dasar di atas, maka rumusan masalah yang diajukan adalah
1. Bagaimana motivası guru di MTs Ma'arif Bojonegoro?
2. Bagaimana prestası belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa MTs Ma'arif Bojonegoro?
3. Adakah pengaruh motivası guru terhadap prestası belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa MTs Ma'arif Bojonegoro?

Sedangkan tujuan penyusunan skripsı ını adalah
1. Untuk mengetahui motivası guru di MTs Ma'arif Bojonegoro
2. Untuk mengetahui prestası belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa MTs Ma'arif Bojonegoro
3. Untuk mengetahui adakah pengaruh motivası guru terhadap prestası belajar mata pelajaran Aqıdah Akhlak siswa MTs Ma'arıf Bojonegoro.

Untuk menjawab rumusan masalah di atas, terutama untuk menjawab relası pengaruh motivası guru terhadap prestası belajar mata pelajaran Aqıdah Akhlak dı MTs Ma'arif Bojonegoro, penulis melakukan analısıs dengan menggunakan rumus korelası Product moment.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:02
Last Modified: 11 Jul 2024 03:02
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MASJKUR, M
NIDN0000000000
Thesis advisor
ROZAQ, ABD
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5434

Actions (login required)

View Item
View Item