IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN DIFERENSIASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SDN 41 DAN SDN 74 KOTA PAGAR ALAM SUMATERA SELATAN

WATI, TANTI LARAS (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN DIFERENSIASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SDN 41 DAN SDN 74 KOTA PAGAR ALAM SUMATERA SELATAN. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 2. AWALAN.pdf] Text
2. AWALAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan konsep perubahan yang dirancang oleh Mentri Pendidikan untuk kemajuan anak bangsa. Kurikulum merupakan komponen penting dalam menajemen pendidikan. Kurikulum merdeka mulai diterapkan secara bertahap sebagai upaya transformasi pembelajaran yang lebih unggul untuk menggali potensi diri, menumbuhkan kreativitas, inovasi dan kemandirian peserta didik. Guna kemajuan bangsa Negara kedepannya tentulah dari membentuk sumber daya manusia yang cerdas dan berakhlakul karimah, dimulai dari perbaikan kinerja guru yang rendah dan kurang profesional, pembelajaran yang membosankan serta profil peserta didik yang kurang baik, beranjak dari hal itu diperlukan implementasi kurikulum merdeka agar dapat menjadi solusi dalam menghilangkan permasalahan dalam pendidikan melalui proses merdeka belajar dengan mewujudkan profil pelajar pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui tiga tahap, pertama reduksi data, kedua penyajian data, ketiga penarikan kesimpulan dan verifikasi. teknik keabsahan data yang digunakan ialah Triangulasi sumber dan Triangulasi teknik. Adapun sumber yang diamati ialah, Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan Peserta didik SDN 41 dan SDN 74 Kota Pagar Alam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan proses Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 41 dan SDN 74 Kota Pagar Alam Sumatera Selatan telah dimulai sejak tahun ajaran 2022/2023. Bagi kedua sekolah ini Kurikulum Merdeka dapat memberikan warna baru dalam dunia pendidikan di Indonesia serta memberikan kesempatan kepada peserta didik agar mendapatkan kesempatan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya dan juga dapat membangkitkan semangat dan minat belajar peserta didik. Mereka dapat merasakan kesempatan belajar yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Pembelajaran yang seperti ini adalah cara terbaik yang sesuai dengan prinsip pembelajaran yang berpihak pada siswa.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tanti Laras Wati
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:53
Last Modified: 05 Jul 2024 01:53
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
BURHANUDDIN, HAMAM
NIDN2109028600
Thesis advisor
MANSHUR, AHMAD
NIDN2122037701
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5428

Actions (login required)

View Item
View Item