MUSLIMIN, MUSLIMIN (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM HADITS PERTAMA AL-ARBA'IN AL-NAWAWIYAH. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.
2013_MUSLIMIN.pdf
Download (34MB)
Abstract
Hadits al-Arba'ın al-Nawawiyah merupakan kumpulan hadits-hadits tentang pokok agama Islam karya Imam Nawawı yang telah dikenal luas di dunia Islam, terutama di Indonesia Hadits al-Arba'ın al-Nawawiyah telah banyak dıkajı dalam berbagai kesempatan dan berbagai kalangan Namun kajian terhadap hadits al- Arba'ın al-Nawawiyah selama ini hanya terbatas pada bidang fikıh atau hukum saja Oleh karena itu, penulis ingin memberikan solusı melalui pembahasan dalam bentuk skripsi dengan mengangkat judul Nılar-Nilai Pendıdıkan Islam dalam Hadits al- Arba'ın al-Nawawiyah
Tujuan dilakukannya pembahasan ini adalah untuk menggali nilai-nilai pendıdıkan Islam yang terkandung dalam hadits al-Arba in al-Nawawiyah Dengan demikian, dapat digunakan sebagai pedoman dalam bersikap dan berprılaku
Pembahasan yang penulis lakukan uu termasuk dalam pembahasan pustaka (library research) Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui analısıs teks, yakni pembahasan terhadap informası dalam bentuk teks yang dalam hal ını sumber primernya adalah kitab al-Arba'ın al-Nawawıyah karya Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawı Sumber sekundernya adalah kitab-kitab yang berhubungan dengan dunia pendıdıkan Islam dan hadits al-Arba in al-Nawawiyah terutama syarah-syarah terhadap kitab tersebut
Hasıl darı pembahasan yang dapat penulis sampaikan di sını bahwa terdapat banyak sekalı nılai-nilai pendidikan Islam dalam hadits al-Arba'ın al-Nawawiyah, yakı kesabaran, ketabahan dan keteguhan hatı, keimanan, rasa tanggung jawab, optimism, rela berkorban demi kebenaran, tolong-menolong dalam kebaikan, ukhuwah Islamıyah, keikhlasan, kepemimpinan, semangat untuk beramal shalıh, anjuran untuk menutup aib seorang Muslim dan kejujuran Nilai-nilai pendidikan Islam tersebut penulis simpulkan untuk kemudian diterapkan dalam dunia pendidikan de Indonesia sebagai salah satu alternatif solusi yang ditawarkan untuk mengatası masalah pendıdıkan di Indonesia ını Kalaupun masih ada alternatif lain yang lebih baik darı apa yang telah disampaikan atau ditulis dalam skrıpsı ını, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai di sını
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 200 – Agama > 200 Agama > 202 Ajaran 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sahabat Perpus |
Date Deposited: | 20 May 2024 04:32 |
Last Modified: | 20 May 2024 04:32 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI NIDN2110027101 Thesis advisor ROZAQ, ABD NIDN0000000000 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5400 |