SETIAWAN, TRIA AGUNG (2011) PENGARUH PENGAJARAN BUKU QIRO'ATY TERHADAP KEMAMPUAN BACA AL-QUR'AN SANTRI KELAS IV-VI DI TPQ. MAMBA'UL ULUM BUTOH SUMBERREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.
2010_TRIA AGUNG SETIAWAN.pdf
Download (57MB)
Abstract
Pendıdıkan luar sekolah adalah semua bentuk pendıdıkan yang diselenggarakan dengan sengaja, tertıb dan berencana di luar kegiatan sekolah Di antara bentuk pendıdıkan luar sekolah adalah Taman Kanak-Kanak/ Taman Pendidikan Al-Qur'an (TK/TP Al-Qur'an) TK/TP Al-Qur'an adalah sebuah lembaga pendıdıkan keagamaan non formal yang dirancang khusus bagı anak- anak dan remaja muslim, lembaga ını dibentuk dengan harapan agar dapat menampung hasrat dan keperluan belajar agama anak-anak tanpa memberikan beban yang berat kepada mereka sebab materi pelajaran diformat mudah sehingga punya daya tarık tersendırı khususnya bagı anak-anak
Masalah yang diteliti dalam skrıpsı ını adalah sebagai berikut. (1) Bagaimana pelaksanaan pengajaran buku Qıro'aty di TPQ Mamba'ul Ulum Butoh Sumberrejo ? (2) Bagaimana kemampuan baca Al-Qur'an santrı dı TPQ Mamba'ul Ulum Butoh Sumberrejo ? (3) Adakah pengaruh pengajaran buku Qiro'aty terhadap kemampuan baca Al-Qur'an santrı dı TPQ Mamba'ul Ulum Butoh Sumberrejo? Bila ada sejauhmana pengaruh tersebut?
Untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, maka penulıs gunakan 2 analısa data, yaitu (1) Analısa data kualitatif dengan menggunakan rumus prosentase Data yang dianalısa adalah data yang berhubungan dengan rumusan masalah penelitian yang pertama dan kedua. Darı hasıl perhitungan dengan rumus prosentase, diperoleh hasıl bahwasanya kedua variabel dalam rumusan masalah penelitian pertama dan kedua berada pada taraf cukup (2) Analısa data kuantitatif dengan rumus product moment Data yang dianalısa adalah data yang berhubungan dengan rumusan masalah yang ketiga Darı hasıl perhitungan dengan rumus product moment diperoleh hasıl bahwa ada pengaruh antara variabel X dengan variabel Y yang pengaruhnya berada pada taraf cukup
Hal ini dibuktikan dengan perolehan penghitungan statistik yang menunjukkan angka 0,609 yang berarti "r" perhitungan lebih besar darı nılas "r" pada tabel nilai "r" product moment, baik pada taraf signifikansı 1% maupun 5 %, selungga hipotesa alternatifnya diterima dan hipotesa nıhılnya ditolak Adapun pengaruh yang ditimbulkan adalah tergolong cukup karena berdasarkan pada "r" perhitungan nilai 0,609 terletak di antara 0,400 -0,700 yang dunterpretasikan cukup
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sahabat Perpus |
Date Deposited: | 20 May 2024 03:37 |
Last Modified: | 20 May 2024 03:37 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor AHMAD, BADARUDDIN NIDN0000000000 Thesis advisor MA'ARIF, JAUHARUL NIDN2128097201 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5397 |