PERANAN PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SANTRI MADRASAH DINIYAH AT THOYYIBAH (MADINA) SUMBERAGUNG DANDER BOJONEGORO

YASIR, YASIR (2012) PERANAN PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SANTRI MADRASAH DINIYAH AT THOYYIBAH (MADINA) SUMBERAGUNG DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2012_YASIR.pdf] Text
2012_YASIR.pdf

Download (51MB)

Abstract

Pendidikan Madrasah Dimsah adalah merupakan salah satu wadah untuk menyampaikan ajaran agama Istam dan menanamkan jiwa agama dalam kehidupan sasaran dıdık termasuk santri Oleh karena itu pendidikan madrasah dimyah yang berlangsung di tengah-tengah masyarakat dapat dyadıkan alat untuk membentuk kepribadian muslim santri

Berpiyak dari urasan di atas permasalahan penelitian in adalah (1) Bagamana pelaksanaan Pendidikan Madrasah Dumyah At-Thoyyibah Dan (2) Apakah Pendidikan Madrasah Dimyah tersebut dapat membentuk kepribadian muslim santn di Madrasah Duryah At-Thoyyibah. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahun pelaksanaan Pendidikan Madrasah Dummyah At-Thoyysbah Dan (2) Mengetahui peranan Pendidikan Madrasah Demyah terhadap pembentukan kepribadian muslım santri di Madrasah Duryah At-Thoyyihah.

Penelitian im dilakukan terhadap 251 santi Madrasah Dinryah At-Thoyyibah. Setelah penelitian dilakukan terhadap 38 santi sebagai responden kemudian data danalısıs dengan menggunakan metode angket, interview, observası, dan dokumentasi dan tehnik korelasa product moment, lalu data penelitian yang terkumpol dianalisis dengan menggunakan tehnik analısıs Lualitauf dan analisis kuantitatd. Penguuan hipotesis penelitian menunjukkan bahwa. Peranan Pendidikan Madrasah Dummyah At-Thoyyibah tergolong kuat. Hal ini terbukti terdapat hubungan positif antara Peranan Pendidikan Madrasah Demyah dengan Kepribadian Muslim Santri Di Madrasah Dimyah At-Thoyyibah ditunjukkan olch harga Antiknya, yartu harga "r" sebesar 0,731, sedangkan harga kntiknya pada taraf signifikansi 5 sebesar 0,284 dan taraf sagnifikansa 1% sebesar 0,368 Jahı dalam hipotesas mhul (Ho) yang berbunya tidak ada Peranan Pendidikan Madrasah Dumyah Dalam Pembentukan Kepribadian Muslim Santri Di Madrasah Duyah At-Thoyyibah ditolak dan hipotests kerja (Ha) yang berbunyi ada Peranan Pendidikan Madrasah Dimayah Dalam Pembentukan Kepribadian

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 14 May 2024 03:11
Last Modified: 16 May 2024 02:34
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
NIDN2110027101
Thesis advisor
ULFA, ULFA
NIDN2121067401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5372

Actions (login required)

View Item
View Item