STRATEGI GURU MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENANAMKAN KEBIASAAN BERIBADAH SHOLAT DI MTS MIFTAKHUL ULUM DESA SITIAJI KECAMATAN SUKOSEWU KABUPATEN BOJONEGORO

FADHILAH, SITI NURUL (2012) STRATEGI GURU MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENANAMKAN KEBIASAAN BERIBADAH SHOLAT DI MTS MIFTAKHUL ULUM DESA SITIAJI KECAMATAN SUKOSEWU KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2012_SITI NURUL FADHILAH.pdf] Text
2012_SITI NURUL FADHILAH.pdf

Download (19MB)

Abstract

Pembelajaran shalat pada mata pelajaran fiqih, tentunya tidak saja berkaitan dengan pengetahuan (knowledge), pemahaman saja, melainkan pembiasaan untuk melakukannya dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana ketentuan syari'at Islam. Untuk itu sebagai upaya untuk penanaman pembiasaan sholat, guru hendaknya menggunakan strategi yang dapat mencapai tujuan pembelajaran dimaksud.

Dalam rangka mendapatkan gambaran yang kongkrit dan sasaran yang tepat dalam penelitian ini, maka penulis memandang perlu adanya rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimana Strategi Guru mata pelajaran Fiqih di MTs Miftakhul Ulum Desa Sitiaji Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro? (2) Bagaimana penanaman pembiasaan ibadah sholat di MTs Miftakhul Ulum Desa Sitiaji Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro? Dan (3) Adakah Strategi Guru mata Pelajaran Fiqih berpengaruh terhadap penanaman pembiasaan ibadah sholat di MTs Miftakhul Ulum Desa Sitiaji Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro?

Setelah dilakukan penelitian mengenai penggunakan strategi pembelajaran guru Fiqh terhadap penanaman pembiasaan shalat di MTs Miftakhul Ulum Desa Sitiaji Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro yang meliputi: (1) Penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi seperti demonstrasi, ceramah, tanyajawab, diskusi, sosiodrama (2) Penggunaan media pembelajaran yang mudah dipahami siswa seperti: gambar gerakan shalat. (3) Penggunaan model pembelajaran yang bervariatif semisal: gambar bermakna, kartu bergambar (4) Penggunaan pendekatan pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran seperti:cooperative learning, active learning. dll (5) menciptakan lingkungan Madrasah mendukung pelaksanaan pembiasaan shalat, serta (6) Keteladanan guru, hasilnya sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 14 May 2024 02:49
Last Modified: 14 May 2024 02:49
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AHMAD, BADARUDDIN
NIDN0000000000
Thesis advisor
A, IMRO'ATUL
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5367

Actions (login required)

View Item
View Item