PERAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 DI RA AL FATTAH PACING PARENGAN TUBAN

Utsman, Ahmad Farid and Ni'mah, Roudlotun and Rohana, Rohana (2018) PERAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 DI RA AL FATTAH PACING PARENGAN TUBAN. Al Ulya, 3 (2). pp. 132-141. ISSN 2597-6656

[thumbnail of PERAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 DI RA AL FATTAH PACING PARENGAN TUBAN.pdf] Text
PERAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 DI RA AL FATTAH PACING PARENGAN TUBAN.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of PERAN PERMAINAN TRADISIONAL.pdf] Text
PERAN PERMAINAN TRADISIONAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan fisik motorik merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam perkembangan individu secara keselurahan. Keefektifan penerapan permainan tradisional (engklek) dalam merangsang syaraf motorik kasar anak karena dalam permainan tradisional tersebut anak akan menggunakan kemampuan fisiknya dalam bermain. Selain itu, permainan radisional (engklek) bisa dijadikan sebagai warisan budaya, karena agar mereka tahu ternyata permainan tradisional engklek ini mereupakan permainan asli dari nenek moyang mereka, serta permainan engklek ini harus dijaga kelestariannya agar permainan tradisonal engklek ini tidak punah dan terlupakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran permainan tradisional dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak didik RA Al Fattah Pacing parengan Tuban. Untuk menjawab pertanyaan besar tersebut penulis menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan metode pencarian data menggunakan Observasi, Dokumentasi, dan Interview. Selanjutkan data yang diperoleh akan dianalisis dengan triangulasi data (sumber maupun teknik).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Permainan tradisional (engklek) sangatlah berperan dalam meingkatkan kemampuan motorik kasar anak didik RA Al Fattah Pacing Parengan Tuban, hal ini dapat dilihat dari indikator banyaknya prestasi yang diraih oleh anak didik RA tersebut pada festival dan kompetisi yang ada hubungannya dengan kemampuan motorik kasar anak, 2) untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak didik secara berkelanjutan, pendidik terus mengasah kempuan motorik kasar anak didik dengan terus membuat pola kotak-kotak garis engklek dengan variasi yang beragam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional, Motorik Kasar, Engklek
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ainun Jariyah
Date Deposited: 14 May 2024 03:36
Last Modified: 14 May 2024 03:36
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Utsman, Ahmad Farid
NIDN2113049001
Author
Ni'mah, Roudlotun
NIDN2125068202
Author
Rohana, Rohana
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5364

Actions (login required)

View Item
View Item