PENGARUH MOVING CLASSSENTRA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN

Ni'mah, Roudlotun and Utsman, Ahmad Farid and NISA, EVA KHOIRUN (2019) PENGARUH MOVING CLASSSENTRA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 4 (1). pp. 55-71. ISSN 2597-6656

[thumbnail of Al-Ulya Ahmad Farid-Pengaruh Moving Classsentra terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun.pdf] Text
Al-Ulya Ahmad Farid-Pengaruh Moving Classsentra terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun.pdf

Download (620kB)
[thumbnail of Pengaruh Moving Classsentra.pdf] Text
Pengaruh Moving Classsentra.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemandirian anak merupakan kemampuan anak untuk melakukan kegiatan dan tugas sehari-hari sendiri atau dengan sedikit bimbingan, sesuai dengan tahap perkembangan dan kemampuan anak.Pembelajaran di sekolah juga dapat mempengaruhi kemandirian seorang anak, bagaimana anak belajar mandiri, percaya diri, didapat dari sekolah.Penelitian ini diangkat atas dasar pemikiran yang menyatakan bahwa adanya pengaruh Moving Class, maka dapat meningkatkan kemandirian anak dalam menjalani kehidupan sehari-hari.Pada sisi inilah penulis mengkaji keberadaan pengaruh moving class di RA Islamiyah Ngasem terhadap kemandirian anak.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat dari masing-masing variabel serta untuk mengetahui pengaruh moving class terhadap kemandirian anak usia dini di RA Islamiyah Ngasem Kecamatan Ngasem.
Metodologi penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan deskritif. Analisa terhadap pengaruh moving class terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun RA Islamiyah Ngasem, penulis mencoba memaparkan semua data yang diperoleh dari berbagai literatur, wawancara langsung, kemudian data-data yang terkumpul dianalisa berpedoman pada sumber-sumber yang tertulis.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pengaruh moving class terhadap kemandirian anak mempunyai peranan yang sangat besar, karena moving class mampu membuat anak-anak lebih mandiri. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan moving class ini bahwa dengan adanya moving class ini disambut positif oleh masyarakat, khususnya ibu-ibu guru dan anak didik, dan hasilnya bisa dilihat dari perilaku mereka sehari-hari yang mengalami evolusi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Moving Class, Kemandirian Anak
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ainun Jariyah
Date Deposited: 14 May 2024 03:34
Last Modified: 14 May 2024 03:34
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Ni'mah, Roudlotun
NIDN2125068202
Author
Utsman, Ahmad Farid
NIDN2113049001
Author
NISA, EVA KHOIRUN
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5362

Actions (login required)

View Item
View Item