KHOLIFAH, SITI (2012) PENGARUH METODE PENGAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PELAJARAN FIQH KELAS VIII MIS IIDAYATUL ATHFAL DESA KALIREJO KECAMATAN BOJONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.
2012_SITI KOLIFAH.pdf
Download (34MB)
Abstract
Penelitian tentang pengaruh metode pengajaran problem solving terhadap prestasi belajar pelajaran Fiqh kelas VIII MTs Hidayatul Athfal Desa Kalirejo Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro berpijak pada permasalahan sebagai berikut:
(1) Bagaimanakah praktek metode pengajaran problem solving di MTS Hidayatul Athfal Desa Kalirejo Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro?
(2) Bagaimanakah prestasi belajar Fiqh siswa di MTs Hidayatul Athfal Desa Kalirejo Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro?
(3) Apakah dengan metode pengajaran problem solving dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar Fiqh siswa di MTs Hidayatul Athfal Desa Kalirejo Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro?
Berpijak pada rumusan masalah di atas, maka tujuan yang ingin peneliti dapatkan dalam penelitian ini adalah:
(1) Untuk mengetahui metode pengajaran problem solving yang dilakukan oleh guru di MTs Hidayatul Athfal Desa Kalirejo Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro.
(2) Untuk mengetahui prestasi belajar Fiqh siswa di MTs Hidayatul Athfal Desa Kalirejo Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro.
(3) Untuk mengetahui pengaruh metode pengajaran problem solving terhadap prestasi belajar Fiqh siswa di MTs Hidayatul Athfal Desa Kalirejo Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro.
Adapun hasil penelitian ini dapat diringkas dalam bentuk kesimpulan antara lain:
(1) Metode pengajaran problem solving yang digunakan oleh guru Fiqh terhadap setiap pembelajaran mata pelajaran Fiqh siswa MTs Hidayatul Athfal Kalirejo Bojonegoro tergolong baik, yang dibuktikan dengan hasil angket dengan persentase sebesar 61%.
(2) Prestasi belajar pelajaran Fiqh, khususnya siswa kelas VIII tergolong baik, yang dibuktikan dengan rata-rata nilai rapor semester ganjil, yaitu 77.
(3) Dari hasil perhitungan diperoleh nilai hitung sebesar 0,615 yang dibandingkan dengan taraf signifikansi 5% (0,423) dan 1% (0,517). Dengan demikian, hipotesis alternatif diterima, dan hipotesis nol ditolak. Jadinya, kesimpulannya adalah metode pengajaran problem solving berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar pelajaran Fiqh siswa MTs Hidayatul Athfal Kalirejo Bojonegoro pada tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sahabat Perpus |
Date Deposited: | 13 May 2024 02:48 |
Last Modified: | 16 May 2024 01:54 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor YUSUF, ANAS NIDN0000000000 Thesis advisor AZIZAH, IMROATUL NIDN0000000000 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5348 |