ISTIANA, ISTIANA (2012) PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI ROUDLOTUS SHOLIHIN KARANGSONO DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.
2012_SETIYANA.pdf
Download (38MB)
Abstract
Implementasi Pendekatan Konstruktivisme adalah bentuk upaya untuk membantu siswa agar selalu mau berusaha salam proses pendidikannya, memahamı potensı dırınya serta dapat bertindak wajar sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan. Pendekatan Konstruktivisme sangat diperlukan, apalagı semakın pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.Kemajuan tersebut menuntut perimbangan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkreativitas, tidak terkecuali darı lembaga pendıdıkan menengah termasuk MI Roudlotus Sholihın Karangsono Dander Bojonegoro.
Dalam penelitian ini terdapat tiga masalah penelitian, yaitu 1. Bagaimana implementasi pendekatan konstruktivisme di MI Roudlotus Sholıhın Karangsono Dander Bojonegoro, 2. Bagaimana motivası belajar siswa MI Roudlotus Sholıhın Karangsono Dander Bojonegoro, 3. Adakah pengaruh Implementası Pendekatan Konstruktivisme terhadap motivası belajar siswa MI Roudlotus Sholihın Karangsono Dander Bojonegoro?
Ditinjau dari pendekatannya penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dan dıtınjau darı aspek intervensinya penelitian ini adalah penelitian non eksperimen yang tergolong kepada studı korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di MI Roudlotus Sholihın Karangsono Dander Bojonegoro dengan populası 83 siswa. Adapun untuk pengambilan sampelnya yaitu dengan cara mengambil keseluruhan pupulası, karena dısını subyeknya kurang darı 100. Tetapi ada beberapa pertimbangan maka hanya diambil 50 siswa yang dijadikan sampel.
Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data yang diperlukan adalah teknık observası, interview, angket dan dokumentası. Sedangkan teknik analısıs data yang digunakan adalah teknik analısıs statistik dengan menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasıl penelitian yang telah dilakukan ını dapat dısımpulkan sebagai berikut 1 Implementası Pendekatan Konstruktivisme di MI Roudlotus Sholihun Karangsono Dander Bojonegoro berada dalam kategori cukup. Hal ını dapat dilihat darı hasıl angket yang menunjukkan bahwa Implementası Pendekatan Konstruktivisme di MI Roudlotus Sholihın Karangsono Dander Bojonegoro berada dalam kategori cukup dengan rata-rata 7,5 2 Motivasi belajar siswa MI Roudlotus Sholilun Karangsono Dander Bojonegoro berada dalam kategori cukup. Hal ını dapat dilihat darı hasıl angket yang menunjukkan bahwa Motivası Belajar Siswa MI Roudlotus Sholıhın Karangsono Dander Bojonegoro berada dalam kategori cukup dengan rata-rata sebesar 7 3. Ada pengaruh yang cukup signifikan antara Implementası Pendekatan Konstruktivisme terhadap Motivası belajar siswa MI Roudlotus Sholihın Karangsono Dander Bojonegoro Hal ini dapat dilihat darı hasil penghitungan sebesar 0,535.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sahabat Perpus |
Date Deposited: | 08 May 2024 07:13 |
Last Modified: | 08 May 2024 07:13 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MASJKUR, M NIDN0000000000 Thesis advisor ROZAQ, ABD NIDN0000000000 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5339 |