PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAQ SISWA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

PASIRAH, PASIRAH (2012) PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAQ SISWA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2012_PASIRAH.pdf] Text
2012_PASIRAH.pdf

Download (28MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali oleh dimana keberhasilan seorang anak dalam meraih prestası belajar tidak lepas dan peran orang tua, dimana orang tua senantiasa menciptakan suasana rumah yang aman, tenteram dan bahagia yang dapat menjadikan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestası belajar anak, sehingga dalam penelitian ini mengambil judul "Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Prestası Belajar Siswa Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bojonegoro Tahun Pelajaran 2011/2012".

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana keharmonisan keluarga siswa kelas II MIN Bojonegoro, Bagaimana prestası belajar siswa kelas II MIN Bojonegoro, Adakah pengaruh keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas II MIN Bojonegoro tahun pelajaran 2011/2012.

Penelitian ını dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian survei, dimana informası dikumpulkan darı responden dengan menggunakan kuesioner.

Variabel dalam penelitian ini ada 2, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebasnya adalah keharmonisan keluarga (X), sedangkan variabel terikat (Y) adalah Prestası Belajar Siswa Kelas II. Populası penelitian ini adalah kelas II tahun pelajaran 2011/2012 dengan mengambil sampel 45 siswa yaitu 34% darı 116 siswa kelas II, 45 siswa tersebut dianggap sudah dapat menjawab pertanyaan penelitian. Sampel yang diambil menggunakan teknik Random Sampling dengan cara diundı.

Hasıl analısıs menunjukkan bahwa Keharmonisan Keluarga berpengaruh secara signifikan dengan taraf significansı 1% (0,380) hasıl penelitian menunjukkan angka yang lebih besar, yaitu (0,514), sedangkan taraf signifikansı 5% hasıl penelitian juga menunjukkan angka yang lebih besar, yaitu (0,400). Jadi sebagai konsekuensinya maka Hipotesa Ha ada pengaruh darı keharmonisan keluarga terhadap prestası belajar siswa kelas II MIN Bojonegoro tahun pelajaran 2011/2012 diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan
100 - Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan filsafat moral > 173 Etika hubungan keluarga
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 08 May 2024 06:49
Last Modified: 08 May 2024 06:49
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
YUSUF, ANAS
NIDN0000000000
Thesis advisor
SYAIFUDIN, M
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5336

Actions (login required)

View Item
View Item