MAWADAH, NURUL (2012) PENGARUH PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH TERADAP KEDISIPLINAN SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH FATIHUL HUDA DESA SAMBONG KEC. NGASEM KAB. BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.
2012_NURUL MAWADAH.pdf
Download (43MB)
Abstract
Tata tertib sekolah adalah peraturan, ketentuan dan berbagai pedoman laın dı suatu lembaga pendıdıkan formal (sekolah) untuk mengatur jalanya seluruh kegiatan, yang harus di taatı atau di laksanakan serta mengandung sanksi terhadap pelanggarnya. Tata tertib sekolah dimasksudkan sebagai rambu-rambu dalam berucap, bersikap atau bertindak dan melaksanakan kegiatan sehari-harı dısekolah dalam rangka menciptakan ıklım sekolah yang nyaman dapat menunjang kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien.
Dalam melaksanakan tata tertib diperlukan adanya kedısıplınan dari tiap Individu. Dengan adanya kedısıplınan maka aktifitas dı sekolah akan dapat berjalan dengan tertib dan teratur sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Kedısıplınan yang diharapkan dısını adalah kedısıplınan yang timbul darı hatı, atas kesadaran sendırı, tanpa adanya tekanan atau paksaan darı luar, yang pada akhirnya nantı akan menjadı dısıplın dırı sendırı atau self discipline.
Penelitian yang dilakukan ını adalah bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap pembentukan kedısıplınan siswa MI Fatihul Huda Sambong.
Dalam penelitian ını populasınya adalah seluruh siswa MI Fatihul Huda Sambong mulai kelas I sampai kelas VI yang berjumlah 69 siswa pada tahun ajaran 2011/2012. Sedangkan pengambilan sample memakai teknik Stratified Sampling (sample satuan kelompok) yaitu kelas IV sampai kelas VI Hal ını dilakukan karena populası terdırı darı kelompok-kelompok yang mempunyai susunan bertingkat.
Adapaun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observası, interview, angket dan dokumentası.
Dalam menganalisa data, penulis menggunakan pendekatan teknik analısa kualitatif yaknı menunjukkan keadaan sesuatu baik, sedang atau kurang. Kemudian dengan pendekatan kuantitatif dengan analısa statıstık yakni dengan rumus koefisien korelasi product moment.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis 100 - Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan filsafat moral > 179 Norma etika lainnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sahabat Perpus |
Date Deposited: | 08 May 2024 06:41 |
Last Modified: | 08 May 2024 06:41 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor YUSUF, ANAS NIDN0000000000 Thesis advisor SYAIFUDDIN, SYAIFUDDIN NIDN0000000000 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5335 |