PENGARUH PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH TERADAP KEDISIPLINAN SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH FATIHUL HUDA DESA SAMBONG KEC. NGASEM KAB. BOJONEGORO

MAWADAH, NURUL (2012) PENGARUH PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH TERADAP KEDISIPLINAN SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH FATIHUL HUDA DESA SAMBONG KEC. NGASEM KAB. BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2012_NURUL MAWADAH.pdf] Text
2012_NURUL MAWADAH.pdf

Download (43MB)

Abstract

Tata tertib sekolah adalah peraturan, ketentuan dan berbagai pedoman laın dı suatu lembaga pendıdıkan formal (sekolah) untuk mengatur jalanya seluruh kegiatan, yang harus di taatı atau di laksanakan serta mengandung sanksi terhadap pelanggarnya. Tata tertib sekolah dimasksudkan sebagai rambu-rambu dalam berucap, bersikap atau bertindak dan melaksanakan kegiatan sehari-harı dısekolah dalam rangka menciptakan ıklım sekolah yang nyaman dapat menunjang kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien.

Dalam melaksanakan tata tertib diperlukan adanya kedısıplınan dari tiap Individu. Dengan adanya kedısıplınan maka aktifitas dı sekolah akan dapat berjalan dengan tertib dan teratur sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Kedısıplınan yang diharapkan dısını adalah kedısıplınan yang timbul darı hatı, atas kesadaran sendırı, tanpa adanya tekanan atau paksaan darı luar, yang pada akhirnya nantı akan menjadı dısıplın dırı sendırı atau self discipline.

Penelitian yang dilakukan ını adalah bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap pembentukan kedısıplınan siswa MI Fatihul Huda Sambong.

Dalam penelitian ını populasınya adalah seluruh siswa MI Fatihul Huda Sambong mulai kelas I sampai kelas VI yang berjumlah 69 siswa pada tahun ajaran 2011/2012. Sedangkan pengambilan sample memakai teknik Stratified Sampling (sample satuan kelompok) yaitu kelas IV sampai kelas VI Hal ını dilakukan karena populası terdırı darı kelompok-kelompok yang mempunyai susunan bertingkat.

Adapaun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observası, interview, angket dan dokumentası.

Dalam menganalisa data, penulis menggunakan pendekatan teknik analısa kualitatif yaknı menunjukkan keadaan sesuatu baik, sedang atau kurang. Kemudian dengan pendekatan kuantitatif dengan analısa statıstık yakni dengan rumus koefisien korelasi product moment.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis
100 - Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan filsafat moral > 179 Norma etika lainnya
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 08 May 2024 06:41
Last Modified: 08 May 2024 06:41
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
YUSUF, ANAS
NIDN0000000000
Thesis advisor
SYAIFUDDIN, SYAIFUDDIN
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5335

Actions (login required)

View Item
View Item