PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA ISLAM TERPADU DESA BARENG KECAMATAN NGASEM BOJONEGORO

HASAN, MOHAMMAD FUAD (2012) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA ISLAM TERPADU DESA BARENG KECAMATAN NGASEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2012_MOHAMMAD FUAD HASAN.pdf] Text
2012_MOHAMMAD FUAD HASAN.pdf

Download (36MB)

Abstract

Motivası merupakan suatu dorongan yang timbul darı dalam dan dari luar dırı individu untuk melakukan aktivitas belajar sesuai dengan keinginan yang dituju Untuk dapat berprestasi dengan baik maka siswa harus memılıkı motivası yang terarah baik darı lingkungan sekolah, teman, maupun orang tua. Faktor yang mempengaruhi siswa dalam prestası belajar di sebabkan beberapa hal yaitu kurangnya sarana dan prasarana sekolah mapun di rumah, kondısı fosiologis dan psikologis. Prestası belajar itu sendırı merupakan suatu hasıl belajar yang diberikan pada siswa setelah akhir semester yang berupa angka atau nilai rapot.

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat motivası pada siswa SMA Islam Terpadu Syakur Al Marzuqı", prestası belajar siswa di SMA Islam Terpadu Syakur Al Marzuqı dan bagaimana pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa di SMA Islam Terpadu Syakur Al Marzuqı. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motivası pada siswa Islam Terpadu "Syakur Al Marzuqi untuk mengetahui prestası belajar siswa di SMA Islam Terpadu Syakur Al Marzuqi dan untuk mengetahui pengaruh motivası terhadap prestası belajar siswa di SMA Islam Terpadu Syakur Al Marzuqı. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatıf korelası Sampel yang dijadikan objek penelitian sebanyak 67 siswa di SMA Islam Terpadu Syakur Al Marzuqı dan pengumpulan data menggunakan metode angket, observası, wawancara dan dokumentası. Sedangkan untuk pengolahan data dianalisis dengan Product Moment Angka Kasar.

Berdasarkan analisa penelitian, diperoleh hasıl sebagai berikut bahwa motivasi belajar siswa di SMA Islam Terpadu Syakur Al Marzuqı" adalah sedang, yaitu pada angka 70,14 prestasi belajar siswa di SMA Islam Terpadu Syakur Al Marzuqı adalah dalam kategori sedang, yaitu pada angka 88,05% siswa memılıkı nılar 53,5-75.29, dan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMA Islam Terpadu Syakur Al Marzuqı. Hal ını di buktikan dengan bahwa r0 > r1, r0 adalah 0,796, dan diketahui pada taraf signifikansı 5% 0.235 dan taraf signifikansı 1% -0,306.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan
100 - Filsafat dan Psikologi > 160 Logika > 160 Logika
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 08 May 2024 05:56
Last Modified: 08 May 2024 05:56
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MASJKUR, M
NIDN0000000000
Thesis advisor
ROZAQ, ABDUL
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5328

Actions (login required)

View Item
View Item