STUDY UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA AL HIDAYAH LAJU KIDUL SINGGAHAN TUBAN

MINAN, MOHAMMAD AGUS (2012) STUDY UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA AL HIDAYAH LAJU KIDUL SINGGAHAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2012_MOHAMMAD AGUS MINAN.pdf] Text
2012_MOHAMMAD AGUS MINAN.pdf

Download (38MB)

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) berkembang pesat dan telah mewarnai seluruh aspek kehidupan manusia. Pemerintah telah menetapkan kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan bagi setiap warga negara, untuk mencapai mutu pendıdıkan tersebut, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah melalui peningkatan keprofsionalan gurunya Guru merupakan faktor terpenting dalam proses peningkatan kualitas pendidikan Namun, guru sebagai makhluk sosial dan individual dalam kehidupannya sering mengalamı hambatan dalam peningkatan kualitas tersebut. Adapun permasalahan yang timbul adalah bagaimana profesionalitas guru dalam pembelajaran Pendıdıkan Agama Islam, kendala yang dihadapı dalam peningkatan profesionalitas guru dalam pembelajaran Pendıdıkan Agama Islam, dan upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam pembelajaran tersebut.

Berpijak darı permasalahan tersebut, maka tujuan darı pembahasan ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan keprofesionalan guru dalam pembelajaran Pendıdıkan Agama Islam. Pendekatan terhadap permasalahan tersebut ditempuh dengan dua cara yaitu, pendekatan teoritis yang disajıkan pada Bab I tentang Pendahuluan, Bab II tentang Kajian teori, dan Bab III tentang Metode Penelitian. Sedangkan pendekatan empiris dikemukakan pada Bab IV yaitu, tentang laporan hasıl penelitian yang dilanjutkan dengan Bab V yaitu Bab Penutup.

Penelitian ını dilakukan di Ma Al Hidayah Laju Kidul Singgahan Tuban. Untuk mengumpulkan data digunakan beberapa metode yaitu, observası, dokumentası dan wawancara Kemudian data yang telah terkumpul tersebut dianalısıs dengan teknik analısıs deskriptif kualitatif, yakni data yang dikumpulkan berupa kata-kata atau gambaran-gambaran dan bukan angka. Hasıl penelitian ini juga diharapkan berguna bagı Kepala Sekolah dan Guru di Ma Al Hidayah Laju Kidul Singgahan Tuban yang bersangkutan maupun peneliti sendırı.

Berdasarkan hasıl pembahasan dan penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut, kemampuan guru dalam pembelajaran Pendıdıkan Agama Islam sudah cukup professional, terbukti semua guru memılıkı ijazah keguruan, memılıkı pengalaman mengajar lebih darı lıma tahun, selalu membuat rencana pembelajaran, metode yang digunakan bervariası, melakukan situası interaksı yang baik dengan siswa, dan mengadakan evaluası.

Adapun yang menjadi kendala dalam peningkatan profesionalitas guru dalam pembelajaran Pendıdıkan Agama Islam adalah padatnya jam mengajar dan tidak adanya minat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi serta kesejahteraan guru kurang memadai. Sedangkan upaya yang dilakukan dalam peningkatan profesionalitas guru dalam pembelajaran Pendıdıkan Agama Islam adalah guru selalu menguasai kompetensı, penyediaan sarana dan prasarana, kedısıplınan dan pengawasan, rapat dan seminar.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 08 May 2024 05:46
Last Modified: 08 May 2024 05:46
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Ahmad, Badaruddin
NIDN0000000000
Thesis advisor
Salamun, Moh
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5327

Actions (login required)

View Item
View Item