STUDI TENTANG PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH ATTANWIR TALUN SUMBERREJO BOJONEGORO

MUHTADI, MOCHAMAD ALI (2012) STUDI TENTANG PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH ATTANWIR TALUN SUMBERREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2012_MOCHAMAD ALI MUHTADI.pdf] Text
2012_MOCHAMAD ALI MUHTADI.pdf

Download (52MB)

Abstract

Keberadaan suatu lembaga pendidikan selalu ingin menghasilkan out put yang baik, berkualitas, dan bisa diandalkan. Hal ını terlihat salah satunya dengan tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Darı sını banyak cara yang drupayakan pihak sekolah agar bisa maju dan memiliki kualitas pendidikan yang bagus, atau minimal sekolah yang memilikı nılai atau cırı tersendiri dibandingkan sekolah-sekolah lain. Salah satunya sekolah ini, menurut pengamatan peneliti, meskipun sekolah ini menggunakan kurikulum darı pemerintah tetapi sekolah ini juga mempunyai kurikulum sendiri.

Melihat fenomena yang ada, maka peneliti tertarik untuk meneliti keberadaan sekolah tersebut sehingga dapat penulis paparkan tujuan dilakukannya penelitian ins adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan pendidikan agama Islam khususnya pelajaran fiqıh yang diterapkan oleh sekolah tersebut dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, faktor apa saja yang dirasa mendukung dan menghambat dalam proses kegiatan tersebut, serta bagaimanakah hasıl dari penerapan strategi tersebut terhadap prestasi belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik analısıs deskriptif kualitatif pula, yaitu berupa pemaparan dan penggambaran secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi Untuk mendukung pemaparan data, penulis juga menyertakan berbagai lampiran yang terkait dengan penelitian ini.

Adapun hasıl penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan strategi pengembangan pendidikan agama Islam di MA Attanwır Talun int sudah bagus, terbukti dengan adanya program yang direncanakan dan dilaksanakan sekolah dalam rangka meningkatkan pemahaman pelajaran fiqih, seperti selain menggunakan kurikulum dari pemerintah juga menggunakan kunkulum Pondok Pesantren Dalam mewujudkan program tersebut, banyak strategi yang ditempuh, salah satunya adalah penyusunan program pengembangan pelajaran fiqıh di dalam kelas, hal ini diupayakan sepenuhnya oleh masing-masing guru, dalam hal ını guru fiqih berusaha menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang berfariatıf serta mengupayakan bagaimana materi bisa diterima oleh siswa, sehingga ini merupakan salah satu faktor pendukung dalam mengembangkan pelajaran fiqıh di sekolahan tersebut, namun hal itu juga tidak terlepas dengan adanya faktor-faktor yang menghambat proses pengembangan PAI, salah satunya adalah darı kemampuan siswa dalam menangkap materi yang heterogen serta kurangnya kesadaran siswa untuk berdısıplın Namun adanya kekurangan tersebut, darı pihak sekolah selalu mengupayakan mencari solusi guna perbaikan serta pembuatan program selanjutnya Wal hasıl pelaksanaan tersebut sedikit banyak telah memenuhi tarjet darı tujuan yang telah ditentukan, yaitu adanya perkembangan perolehan yang baik pada nilai akhır ujian dari siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 160 Logika > 160 Logika
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 08 May 2024 05:29
Last Modified: 11 May 2024 06:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Ahmad, Badaruddin
NIDN0000000000
Thesis advisor
Salamun, Moh
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5324

Actions (login required)

View Item
View Item