IMPLEMENTASI METODE BAHTSUL MASA'IL DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KONTEKSTUAL DI MADRASAH DINIYAH AL-MUSTHOFA PONDOK PESANTREN ADNAN AL-CHARISH DESA NGUMPAKDALEM KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO

ANAM, KHOIRUL (2012) IMPLEMENTASI METODE BAHTSUL MASA'IL DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KONTEKSTUAL DI MADRASAH DINIYAH AL-MUSTHOFA PONDOK PESANTREN ADNAN AL-CHARISH DESA NGUMPAKDALEM KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2012_KHOIRUL ANAM.pdf] Text
2012_KHOIRUL ANAM.pdf

Download (48MB)

Abstract

Pendidikan merupakan wahana yang sangat efektif dalam menerjemahkan pesan-pesan konstitusi dan merupakan sarana yang tepat dalam membangun watak bangsa (national character building). Seiring dengan perkembangan zaman peradaban umat manusia pun terus tumbuh dan berkembang. Dalam situası demikian itu jika hendak melihat arah perubahan dan masa depan kehidupan bangsa Indonesia dengan penduduk muslim terbesar di dunia, maka miniatur yang paling representative adalah sistem yang diperankan oleh pesantren dan para santrinya. Dengan berkembanganya zaman maka permasalahan-permasalahan dalam bidang agama, terutama fiqıh, akan semakin banyak bermunculan Untuk itu diperlukan diskusi untuk memecahkan masalah-masalah tersebut yang sesuai dengan ajaran agama Islam yaitu Al Qur'an dan Sunnah.

Bahtsul masa'il adalah forum diskusi yang berfungsi memecahkan segenap permasalahan yang ada dı masyarakat atau permasalahan yang telah diajukan oleh individu atau kelompok masyarakat untuk dicarikan pemecahanya darı pandangan fiqh Hal ını dilakukan agar para santri tidak serta merta mengambil keputusan hukum yang sebenarnya keputusan itu telah terumuskan secara sistematis dalam kitab-kitab klasık (tahsılu al-hashil) serta mencoba menguraikan dan melacak dasar-dasar argumentası yang telah dipakai para ulama tempo dulu dalam merumuskan hukum.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan the one shot case study. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observası, metode tes/penilasan, dan metode angket. Metode observası digunakan untuk mengetahui aktivitas santri dan kemampuan ustadz dalam mengelola pembelajaran, metode tes/penilaian digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar santrı dalam mengikutu metode bahtsul masa'ıl, dan metode angket digunakan untuk mengetahui respon santri terhadap pembelajaran.

Setelah dilakukan analısıs data penelitian maka didapatkan hasıl sebagai berikut aktivitas santri selama proses pembelajaran yang paling dominan adalah diskusı/bertanya, kemampuan ustadz dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik, respon santri terhadap pembelajaran adalah positif, dan ketuntasan hasıl belajar santrı dınyatakan tuntas.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 202 Ajaran
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
200 – Agama > 210 Filsafat dan teori agama > 210 Filsafat dan teori agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 08 May 2024 04:34
Last Modified: 11 May 2024 06:54
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Izza, Yogi Prana
NIDN0731127601
Thesis advisor
Salamun, Moh
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5319

Actions (login required)

View Item
View Item