PENGARUH PEMBINAAN MUTU GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH SISWA DI MI AL-ULUM KABALAN KECAMATAN KANOR KABUPATEN BOJONEGORO

HIMAWATIN, IKA NILNA (2012) PENGARUH PEMBINAAN MUTU GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH SISWA DI MI AL-ULUM KABALAN KECAMATAN KANOR KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2012_IKA NILNA HIMAWATIN.pdf] Text
2012_IKA NILNA HIMAWATIN.pdf

Download (38MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu wahana dalam rangka meningkatkan kualitas individu dan masyarakat, baik dalam segi intelektual maupun spiritual Guru merupakan orang pertama dan yang paling menunjang dalam keberhasilan prestasi belajar siswa Terkait dengan hal tersebut mutu guru perlu ditingkatkan dalam rangka peningkatan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini dilakukan di MI Al-Ulum Kabalan Kanor Bojonegoro Karena keterbatasan waktu maka peneliti hanya mengambil data yang diperlukan Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pembinaan mutu guru di MI Al-Ulum Kabalan, Kanor, Bojonegoro, dan untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa di MI Al-Ulum Kabalan, Kanor, Bojonegoro serta untuk mengetahui pengaruh pembinaan mutu guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa MI Al-Ulum Kabalan, Kanor, Bojonegoro
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Penulis menggunakan metode observasi, metode interview, metode kuesioner dan metode dokumentası Untuk mengumpulkan data dan untuk menganalisis data penulis menggunakan teknik korelasi product moment
Dalam penelitian ini dihasilkan sangat signifikan, karena darı data yang ada ternyata prestasi belajar siswa itu juga dipengaruhi dengan adanya pembinaan mutu guru Karena bagaimanapun juga seorang guru harus mempunyai bekal dalam menghadapi anak didiknya terutama pada saat melakukan kegiatan belajar mengajar.
Skor hasil analisis yang penulis dapatkan adalah 0,997 Tabel interpretasi nilai r product moment menyatakan bahwa nilai r pada rentang 0,90 - 1,00 adalah sangat kuat Hal ini berarti pengaruh pembinaan mutu guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih di MI Al-Ulum Kabalan, Kanor, Bojonegoro adalah sangat kuat Dengan demikian, pembiraan mutu guru bisa membantu meningkatkan prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan > 153.1533 Interest and Enthusiasm/Minat dan Antusiasme Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 07 May 2024 08:40
Last Modified: 08 May 2024 01:45
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
YUSUF, ANAS
NIDN0000000000
Thesis advisor
HUDA, AGUS
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5311

Actions (login required)

View Item
View Item