DAMIJATI, DAMIJATI (2012) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PRESTASI SISWA DALAM MATA PELAJARAN AGAMA DI SDN KAPAS II KECAMATAN KAPAS KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.
2012_DAMIJATI.pdf
Download (44MB)
Abstract
Pendidikan Agama Islam tidak hanya menyangkut transformasi ajaran dan nilai, tetapi lebih merupakan masalah yang kompleks Dalam artı, setiap kegiatan pembelajaran pendidikan agama akan berhadapan dengan permasalahan yang kompleks, misalnya masalah peserta didik dengan berbagai latar belakangnya, dalam keadaan atau kondisi seperti apa ajaran agama itu berikan, bagaimana cara atau pendekatan apa yang digunakan dalam pembelajaran agama itu, serta sikap seperti apa yang harus ditunjukkan dalam proses pembelajaran, karena secara langsung atau tidak langsung segala permasalahan tersebut bisa mempengaruhi prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa
Berdasarkan uraian di atas, maka secara umum masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Kapas II Kapas Bojonegoro Terkait dengan hal tersebut akan dibahas tentang bagaimana tingkat kompetensi kepribadian guru PAI di SDN Kapas II Kapas Bojonegoro, dan bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Kapas II Kapas Bojonegoro, serta apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Kapas II Kapas Bojonegoro
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode korelası Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu 1) observasi, 2) wawancara, 3) dokumentası, 4) kuesioner atau angket Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kompetensi kepribadian guru PAI di SDN Kapas II Kapas Bojonegoro memiliki kategori yang baik Hal ini terbukti dari pengisian angket kepribadian guru yang dihasilkan dari 25 responden dengan nilai rata-rata (7,4) pada kategori sangat baik, dan nilai rata-rata angket prestasi belajar siswa (7,12) juga tergolong baik Dan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dalam penelitian ini, digunakan metode analisis statistik Product Moment Dan hasıl dari rumusan Product Moment dapat diketahui bahwa nilai r sebesar 0,780
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan > 153.1533 Interest and Enthusiasm/Minat dan Antusiasme Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sahabat Perpus |
Date Deposited: | 07 May 2024 07:38 |
Last Modified: | 07 May 2024 08:26 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor YUSUF, ANAS NIDN0000000000 Thesis advisor HUDA, AGUS NIDN0000000000 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5308 |