STUDY PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FIQIH METODE QUANTUM TEACHING DI MAI ATTANWIR TALUN SUMBERREJO BOJONEGORO

MUASTAQIM, ARIF (2012) STUDY PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FIQIH METODE QUANTUM TEACHING DI MAI ATTANWIR TALUN SUMBERREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2012_ARIF MUSTAQIM.pdf] Text
2012_ARIF MUSTAQIM.pdf

Download (37MB)

Abstract

Penguasaan terhadap metode pembelajaran merupakan salah satu persyaratan bagi seorang tenaga pendidik yang profesional Metode pengajaran Quantum Teaching tampak lebih komprehensif dibandingkan dengan metode sebelumnya Dengan kata lain bahwa metode Quantum Teaching mengandung berbagai macam metode yang diolah menjadi satu yang semua saling bersinergi Quantum Teaching menggubah bermacam-macam interaksi yang ada didalam dan sekitar momen belajar Interaksi ini mencakup unsur-unsur belajar elektif yang mempengaruhi kesuksesan Siswa Bagi guru-guru Fiqih di MAI Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro, penguasaan terhadap metode Quantum Teaching sangatlah diperlukan guna memperbaiki dan memperbarui metode pengajaran yang sesuai dengan tuntutan zaman untuk menyiapkan generasi penerus Islam yang akan hidup dizamannya, sehingga penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui aplikasi Quantum Teaching yang diterapkan di MAI Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi Teknik analisa datanya adalah deskriptif kualitatif menetapkan keabsahan data, dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu, teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan pebandingan Penelitian dan kajian skripsi ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan persepsi dan pemahaman guru-guru Fiqih tentang Quantum Teaching, 2) mendeskripsikan aplikasi Quantum Teaching dalam pembelajaran Fiqih di MAI Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro, 3) mendeskripsikan faktor yang menjadi penghambat aplikasi Quantum Teaching dalam pembelajaran Fiqih dan usaha-usaha yang dilakukan oleh guru Fiqih dalam mengatasi hambatan
Untuk menetapkan keabsahan data, dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu, teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagar bahan pebandingan
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman guru-guru Fiqih tentang Quantum Teaching adalah sebuah metode pembelajaran yang sangat menarik untuk diterapkan dalam pembelajaran Fiqih Quantum Teaching memiliki strategi yang menyenangkan yang menggunakan unsur-unsur yang ada dalam kelas Implementasi Quantum Teaching dalam pembelajaran Fiqih di MAI Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro menerapkan beberapa petunjuk dari Quantum Teaching yaitu, asaz utama Quantum Teaching, prinsip-prinsip Quantum Teaching, merancang pengajaran yang
VI
dinamis dengan langkah TANDUR, mengorkestrasi suasana yang menggairahkan dan mengorkestrası lingkungan yang mendukung Hambatan yang dihadapi dalam implementasi Quantum Teaching dalam pembelajaran Fiqih adalah masih belum utuhnya penguasaan guru-guru Fiqih tentang Quantum Teaching, kurangnya alokasi waktu untuk mata pelajaran Fiqih dan kurangnya sarana dan fasilitas pendidikan di MAI Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro Sedangkan usaha yang dilakukan oleh guru-guru Akidah-Akhlaq untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan cara banyak membaca dan belajar tentang Quantum Teaching serta berusaha untuk menerapkannya sebaik mungkin, mendorong siswa untuk belajar sendiri diluar jam pelajaran dan mengoptimalkan sarana dan fasilitas yang ada dilembaga
Aplikasi Quantum Teaching dalam pembelajaran Fiqih di MAI Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro belum bisa dikatakan utuh, karena masih mengalami beberapa hambatan, akan tetapi ini bukan berarti menafikan keberhasilan implementasi Quantum Teaching dalam pembelajaran Fiqih di MAI Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro karena walaupun mengalami beberapa kendala, implementasi Quantum Teaching dalam pembelajaran Fiqih telah menunjukkan hasilnya yaitu kegairahan dan kesenangan siswa dalam belajar, suasana yang terlihat dinamis dan siswa menjadi aktif

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 07 May 2024 06:55
Last Modified: 07 May 2024 08:21
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
BADARUDDIN, AHMAD
NIDN0000000000
Thesis advisor
AZIZAH, IMROATUL
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5304

Actions (login required)

View Item
View Item