MUKHLISHOH, ANNI (2012) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SDN SUMBERHARJO I KECAMATAN SUMBERREJO KAB. BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.
2012_ANNI MUKHLISHOH.pdf
Download (50MB)
Abstract
Pendidikan adalah penentu dimana seseorang akan menjalani kehidupannya Dengan pendidikan diharapkan seseorang mampu menjadi manusia yang dapat menciptakan pembaharuan serta perbaikan-perbaikan Allah juga memerintah umatnya untuk mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan ajaran agama Islam, dan hal tersebut didapatkan dari pendidikan agama Islam Dari pendidikan agama Islam diharapkan seseorang dapat menghayati apa sebenarnya ajaran Islam, Mempercayai serta mengamalkan ajaran agama Islam tersebut
Dalam pembelajaran pendidikan agama Islam banyak sekali ditemukan problematika dalam pembelajaran pendidikan agama Islam Problem tersebut ditemukan dari beberapa sektor, baik guru, siswa,, manajemen, sarana dan prasarana, maupun lingkungan yeng terdapat disekeliling pembelajaran pendidikan agama Islam
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Bagaimana pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN Sumberharjo I, problematika apa saja yang dihadapi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN Sumberharjo I, serta langkah-langkah apa saja yang dilakukan oleh SDN Sumberharjo I dalam mengatasi problematika pembelajaran pendidikan agama Islam tersebut
Penelitian yang dilakukan dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan untuk mengumpulkan datanya selain menggunakan data kualitatif juga dilakukan metode observasi (pengamatan), metode intervew (wawancara) dan metode dokumentası Sedangkan hasil penelitian menggunakan tehnik analisis deskriptif yang berupa pemilihan data dan penyajian data yang terletak pada BAB IV Dan untuk analisis data terletak pada BAB V yaitu hasil penelitian disitu penulis melakukan analisa pada data yang diperoleh dari SDN Sumberharjo I
Dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN Sumberharjo I ditemukan permasalahan pada pembelajaran pendidikan agama Islam sehingga perlu adanya kerja sama antara pihak yang satu dengan yang lainnya Karena dalam pembelajaran pendidikan agama Islam bukan hanya meteri yang harus di terima. peserta didik, tetapi pendidikan agama Islam juga juga merupakan pembiasaan tingkah laku sesuai dengan ajaran Islam
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sahabat Perpus |
Date Deposited: | 07 May 2024 06:49 |
Last Modified: | 07 May 2024 08:20 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor AHMAD, BADARUDDIN NIDN0000000000 Thesis advisor HUDA, AGUS NIDN0000000000 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5303 |