PENGARUH METODE BRAIN GY (SENAM OTAK) TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN ANAK DI TK DARMA WANITA 1 PENGANTEN BALEN BOJONEGORO

QOIRIYAH, AMILATUL (2012) PENGARUH METODE BRAIN GY (SENAM OTAK) TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN ANAK DI TK DARMA WANITA 1 PENGANTEN BALEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2012_AMILATUL QOIRIYAH.pdf] Text
2012_AMILATUL QOIRIYAH.pdf

Download (47MB)

Abstract

Masa kanak-kanak adalah masa yang paling penting dalam pendidikan Masa itu merupakan "masa emas" dimana potensi perkembangan fisık dan intelektualitas berkembang pesat Perkembangan kognitif (kecerdasan) menunjukkan perkembangan dari cara anak berfikir Agar kecerdasan anak meningkat, maka diperlukan adanya tingkat konsentrasi yang tinggi Untuk menstimulası konsentrası belajer anak salah satu caranya yaitu dengan melakukan brain gym (senam otak)

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab beberapa permasalahan sebagai berikut Bagaimana pelaksanaan metode brain gym di sekolah TK Dharma Wanita Penganten Balen Bojonegoro, Bagaimana Kecerdasan anak TK Dharma Wanita Penganten Balen Bojonegoro? Apakah ada pengaruh metode bram gyw terhadap peningkatan kecerdasan anak TK Dharma Wanita Penganter Balen Bojonegoro?

Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan korelasional (deskriptif kuantitatif) dimana analısısnya menggunakan statistik Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observası, interview, dan dokumentası Untuk mendukung keabsahan darı penelitian ini dan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh metode brain gym (senam otak) terhadan peningkatan kecerdasan anak TK Dharma Wanita Penganten Balen Bojonegoro, ini menggunakan rumus "korelasi product moment"

Adapun hasıl penelitian menunjukkan bahwa metode brain gym (senam otak adalah berpengaruh terhadap peningkatan kecerdasan anak TK Dharma Wanita Pengarten Balen Bojonegoro hal itu dengan hasıl analısa data melalui teknik analısa data statısık "Product Moment" dengan nilai ray 0,496, maka dikonsultasikan ke dalam tabel r., pada taraf signifikan 5% sebesar 0,207, dan pada taraf signifikası 1% sebesar 0270 Sehingga dapat disimpulkan bahwa rulas r lebih besar dari mulat, bask pada taraf signifikası 5% atau 1% Kemudian dikonsultasikan secara kasar kedalam tabel Interpretası Product Moment sehingga hasılnya adalah terletak antara 0,40 0,70 yang berarti "antara variabel x dan variabel y terdapat kolerası yang sedang atau cukup"

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 07 May 2024 03:56
Last Modified: 07 May 2024 03:56
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MASJKUR, M.
NIDN0000000000
Thesis advisor
HUDA, AGUS
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5299

Actions (login required)

View Item
View Item