AZIZ M., ABD (2012) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM USAHA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN PLESUNGAN KAPAS BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.
2012_ABD AZIZ.pdf
Download (25MB)
Abstract
Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mengelola dan mengembangkan Sekolah menjadi maju dan bermutu terletak pada mutu warga sekolah, misalnya: Kepala Sekolah, Guru, Staf administrasi, Siswa, Masyarakat serta iklim dan kultur disekitarnya. Untuk mengelola Sekolah, di perlukan Kepala Sekolah yang dapat mengatur seluruh potensi sekolah agar berfungsi dengan baik untuk mendukung tercapainya tujuan Sekolah. Sebagai pemimpin Pendidikan, Kepala Sekolah bertanggung jawab untuk pertumbuhan Guru secara continue. Dengan praktek Demokratis ia harus mampu membantu Guru untuk mengenal kebutuhan masyarakat sehingga tujuan Pendidikan bisa memenuhi syarat tersebut dan ia harus mampu membantu Guru untuk mengevaluasi program Pendidikan dan hasil belajar murid. Kepala Sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong Sekolah untuk dapat mewujudkan Visi, Misi dan sasaran Sekolah melalui program- program yang dilaksanaken secara terencen dan bertahap.oleh karena itu, Kepala Sekolah dituntut memiliki kemampuan manajemen dan pemimpin yang baik
Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Peran Kepala Sekolah Sehagai unervisor Dalam Usaha Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SDN Plesungan Kapas. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah. Untuk mengetahui Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Penididikan Dalam Usaha Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam dan Mengetahui Usaha apa saja yang dilakukan Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Penelitian penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dan dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatf, yaitu reduksi data penyajian data dan vertivikasi yang berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan prilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sahabat Perpus |
Date Deposited: | 07 May 2024 02:57 |
Last Modified: | 07 May 2024 02:57 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI NIDN2110027101 Thesis advisor SALAMUN, MOH NIDN0000000000 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5294 |