WARNITI, WARNITI (2011) PERAN EVALUASI BELAJAR TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL YAQIN KLUMPIT SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.
2011_WARNITI.pdf
Download (35MB)
Abstract
Pendidikan laksana exsperimen yang tidak pernah selesai sampai kapan pun, sepanjang ada kehidupan manusia di dunia ini Dikatakan demikian, karena pendidikan merupakan bagian dari kebudayaan dan peradaban manusia yang terus berkembang Hal ini sejalan dengan pembawaan manusia yang mamiliki potensi kreatif dan inovatif dalam segala bidang kehidupannya Kegiatan evaluasi yang dilakukan guru merupakan salah satu komponen system pembelajaran/pendidikan. Hal ini berarti, evaluasi merupakan kegiatan yang tak terelakkan dalam setiap kegiatan/proses pembelajaran Dengan kata lain, kegiatan evaluası (baik evaluasi hasıl belajar maupun evaluasi pembelajaran) merupakan bagian integral yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran/pendidikan.
Evaluasi atau penilaian merupakan salah satu komponen system pengajaran Pengembangan alat evaluasi merupakan bagian integral dalam pengembangan system instruksional Oleh sebab fungsi evaluasi adalah untuk mengetahui apakah tujuan yang dirumuskan dapat tercapai, evaluasi merupakan salah satu factor penting dalam proses belajar mengajar.
Berpijak dari uraian di atas permasalahan penelitian ini adalah (1) Sejauhmana peranan evaluasi belajar di MI Nurul Yaqın Klumpit Soko Tuban, (2) Sejauhmana keberhasilan belajar siswa MI Nurul Yaqın Klumpit Soko Tuban, dan (3) Ada perankah evaluasi belajar terhadap keberhasilan belajar siswa MI Nurul Yaqin Klumpit Soko Tuban Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peranan evaluasi belajar di MI Nurul Yaqin Klumpit Soko Tuban, (2) Untɩ k mengetahui keberhasilan belajar siswa MI Nurul Yaqın Klumpit Soko Tuban, dan (3) Mengetahui ada tidaknya perankah evaluasi belajar terhadap keberhasilan belajar Siswa MI Nurul Yaqın Klumpit Soko Tuban
Penelitian ini dilakukan terhadap 30 siswa di MI Nurul Yaqın Klumpit Soko Tuban Setelah penelitian ini dilakukan terhadap 30 siswa anggota sampel, dan data analisis dengan teknik korelasi product moment menunjukkan adanya peran yang signifikan antara evaluasi belajar terhadap keberhasilan belajar siswa MI Nurul Yaqin Klumpit Soko Tuban
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan > 153.1533 Interest and Enthusiasm/Minat dan Antusiasme Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sahabat Perpus |
Date Deposited: | 04 May 2024 03:59 |
Last Modified: | 04 May 2024 08:33 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MASJKUR, MASJKUR NIDN0000000000 Thesis advisor SALAMUN, MOH NIDN0000000000 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5236 |