WARIANTO, WARIANTO (2011) PERANAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SMP TARUNA KEDUNGADEM BOJONEGORO Tahun Ajaran 2010/2011. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.
2011_WARIANTO.pdf
Download (47MB)
Abstract
Guru merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan berhasilnya proses belajar mengajar di dalam kelas Seringkali pengelolan kelas dipahami sebagai pengaturan ruang kelas yang berkaitan dengan sarana belajar mengajar Padahal pengaturan sarana belajar di kelas hanyalah sebagian kecil saja Oleh karena itu peran supervisi kepala sekolah sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kreativitas guru dalam pengelolaan kelas Sebab supervisi merupakan suatu proses untuk membantu guru meningkatkan kemampuan dalam bidang atau profesinya
Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif Dalam pengumpulan data, metode vang penulis gunakan adalah observasi, interview, angket dan dokumentasi, dari data yang telah berhasil dikumpulkan tersebut, dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif sedang data yang bersifat kuantitatif dianalisis dengan menggunakan tekhnik prosentase dengan
rumus P = F N x 100 %
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwasanya bentuk guru dalam pengelolaan kelas di SMP Taruna Kepchkidul Kedungadem Bojonegoro diwujudkan dalam 6 bentuk, yaitu Perencanaan kelas, Pengorganisasian kelas, Pengarahan kelas, Kordinasi kelas, Komunikasi kelas, Kontrol kelas Adapun peranan supervisi kepala sekolah terhadap guru dalam pengelolaan kelas di SMP Taruna Kepohkidul Kedungadem Bojonegoro yaitu 1) Peran supervisi kepala sekolah sebagai pemimpin yaitu dengan berusaha mempengaruhi guru-guru dengan nasehat, dan contoh yang baik 2) peran supervisi kepala sekolah sebagai pemberi bimbingan dan lanhan vang dilakukan dengan mengadakan seminar, pelatihan-pelatihan, workhop, melaksanakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MCMP), mengadakan rapat guru dan diskusi-diskusi kelompok 3) peran supervisi kepala sekolah sebagai pemberi motivasi terhadap aktivitas mengajar guru yang dilakukan dengan memberi nasehat, saran sugesti, melakukan kunjungan kelas, memberi penghargaan, hadiah dan menciptakan hubungan yang harmonis dengan para guru
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sahabat Perpus |
Date Deposited: | 04 May 2024 03:53 |
Last Modified: | 04 May 2024 08:32 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MASJKUR, MASJKUR NIDN0000000000 Thesis advisor AFFANDI, CHAFIDZ NIDN0000000000 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5235 |