METODE MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL ANAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN KATURI KECAMATAN KALITIDU BOJONEGORO

MUTMAINAH, UMI (2011) METODE MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL ANAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN KATURI KECAMATAN KALITIDU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2011_UMI MUTMAINAH.pdf] Text
2011_UMI MUTMAINAH.pdf

Download (40MB)

Abstract

Pelaksanan pendidikan tidak mungkin lepas dari faktor-faktor psikologis manusia di samping faktor lingkungan sekitar, maka dalam proses pengajaran perlu bahkan wajib berpegang pada petunjuk- petunjuk dari para ahli psikologi terutama psikologi pendidikan dan psikologi perkembangan, termasuk psikologi agama Metode melatih kecerdasan emosional anak dapat menimbulkan motivasi belajar pendidikan agama Islam.
Berpijak dari uraian di atas permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana melatih kecerdasan emosional pada siswa di SDN Katur I Kalıtıdu Bojonegoro, (2) bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Katur I Kalıtıdu Bojonegoro, dan (3) bagaimana melatih kecerdasan emosional siswa agar siswa termotivasi untuk belajar PAI di SDN Katur I Kalıtıdu Bojonegoro Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana melatih kecerdasan emosional pada siswa di SDN Katur I Kalitidu Bojonegoro, (2) Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Katur I Kalıtıdu Bojonegoro, dan (3) Untuk mengetahui bagaimana melatih kecerdasan emosional siswa SDN Katur I Kalitidu Bojonegoro agar siswa termotivasi untuk belajar PAI
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif Sedang metode pengumpulan datanya dengan metode observasi, interview dan dokumentası Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Metode melatih kecerdasan emosional pada siswa dilakukan SDN Katur I Kalitidu Bojonegoro dengan dua kebijakan sekolah, (2) Pembelajaran PAI di SDN Katur I Kalıtıdu Bojonegoro disesuaikan dengan masalah emosional yang dihadapai, baik yang bersifat persuasif (insidental) maupun yang bersifat kuratif (klasıkal) dan Cara melatih kecerdasan emosional siswa dalam peningkatan pembelajaran PAI adalah dengan cara, menegur, memberi hukuman, memberikan nasihat dan cerita, serta melakukan pendekatan secara individual (pendampingan)

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 04 May 2024 03:46
Last Modified: 04 May 2024 08:31
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AHMAD, BADARUDDIN
NIDN0000000000
Thesis advisor
MA'ARIF, JAUHARUL
NIDN2128097201
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5234

Actions (login required)

View Item
View Item