UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MELALUI METODE DISKUSI DI MI ISLAMIYAH SAMBONGREJO KECAMATAN SUMBERREJO KABUPATEN BOJONEGORO

MUAWINATIN, MUAWINATIN (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MELALUI METODE DISKUSI DI MI ISLAMIYAH SAMBONGREJO KECAMATAN SUMBERREJO KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2011_UMI MUAWINATIN.pdf] Text
2011_UMI MUAWINATIN.pdf

Download (21MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang terpenting dan yang paling aktual di sepanjang zaman, terutama bagi kelangsungan hidup manusia Dengan pendidikan (ilmu) manusia dapat dan mampu memenuhi segala kebutuhannya dengan mudah dapat menempuh atau menjangkau tempat yang jauh dengan masa yang relatif cepat Untuk mencapai tujuan tersebut guru tidak hanya cukup menyampaikan materi pelajaran semata, akan tetapi guru harus pandai menciptakan suasana belajar yang baik, serta mempertimbangkan dalam pemakaian metode yang sesuai dengan materi pelajaran yang sesuai pula dengan keadaan anak didik Berpijak dari uraian di atas permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan pengajaran Aqidah Akhlak di MI Islamiyah Sambongrejo Sumberrejo Bojonegoro dengan menggunakan metode diskusi, (2) bagaimanakah keberhasilan belajar kelas V dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Islamiyah Sambongrejo Sumberrejo Bojonegoro dengan menggunakan metode diskusi, (3) adakah upaya peningkatan hasil belajar Aqidah Akhlak di MI Islamiyah Sambongrejo melalui metode diskusi Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) ntuk mengetahui metode diskusi yang digunakan di MI Islamiyah Sambongrejo Sumberrejo Bojonegoro, (2) untuk mengetahui pelaksanaan metode diskusi dalam pengajaran Aqidah Akhlak di MI Islamiyah Sambongrejo Sumberrejo Bojonegoro, (3)untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode diskusi dalam upaya peningkatan hasil belajar Aqidah Akhlak kelas V di MI Islamiyah Sambongrejo Sumberrejo Bojonegoro Penelitian ini dilakukan di MI Islamiyah Sambongrejo Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro Setelah penelitian dilakukan terhadap 12 siswa anggota sampel dan data dianalisis secara deskriptif maka dapat diambil hasıl bahwa metode diskusi sangat berpengaruh dalam peningkatan hasıl belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq, hal ini dapat dilihat dari nilai rapot

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan > 153.1533 Interest and Enthusiasm/Minat dan Antusiasme Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 04 May 2024 03:41
Last Modified: 04 May 2024 08:28
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
BADARUDDIN, AHMAD
NIDN0000000000
Thesis advisor
MA'ARIF, JAUHARUL
NIDN2128097201
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5233

Actions (login required)

View Item
View Item