SUPARMIN, SUPARMIN (2011) PENGARUH KENAKALAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH ALIYAH ASSALAM KECAMATAN BANGILAN KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.
2011_SUPARMIN.pdf
Download (18MB)
Abstract
Gagalnya pendidikan tersebut akan menjadikan anak remaja yang nakal. Sebagaimana yang terjadi akhir-akhir ini di beritakan dimedia masa banyak anak usia sekolah sering berkelahi, mabuk-mabukan menggunakan obat-obatan terlarang dan sebagainya. Dengan adanya kenyataan tersebut, akan menghambat tujuan pendidikan yang di cita-citakan dalam UUSPN. Untuk menanggulangi permasalahan remaja itu di perlukan keija sama antara orang tua, guru, tokoh masyarakat, dan pemerintah untuk mencari factor-faktor penyebab teijadinya krisis moral yang melanda para remaja dan sekaligus mencari jalan keluamya untuk memperbaiki masalah tersebut. Namun demikian, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang membawa dampak pada semua dimensi dan aspek kehidupan manusia, antaralain idiologi, politik, ekonomi, sosial-budaya, pertahanan dan keamanan, interaksi tersebut telah mengantarkan semua bangsa di dunia menuju ke era globalisasi. Terpaan gelombang modemisasi dan budaya global yang terus kian teijadi, menyebabkan tersisihkannya sendi-sendi kehidupan termasuk terkikisnya nilai-nilaireligi pada sebagian besar masyarakat remaja dan anak-anak. Fenomena tersebut, memaksa secara perlahan sebagian peserta didik mengalami krisis “kehampaan nilai”, yang pada ujungnya mereka akan tumbuh tanpa sentuhan nilai-nilai normatif dalam hidupnya. Dilihat dari sisi transformasi nilai dalam konteks komunikasi massa, maka hampir sepanjang waktu, film dan televisi menghadirkan perilaku bebas di lingkungan keluarga, kekerasan, dan aurat yang dengan bebas dipertontonkan. Semua kenyataan tersebut memberikan pengalaman tersendiri pada anak-anak, yang pada ujungnya terakumulasi dalam berbagai bentuk penyimpangan perilaku sehYngga munculah kenakalan-kenakalan remaja. Baik itu kenakalan yang melanggar hukum dan kenakalan yang melanggar kaidah Agama Islam. Berpijak dari uraian di atas permasalahan penelitian mi adalah (1) bagaimanakah kenakalan siswa MA Assalam Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban, (2) bagaimanakah prestasi belajar bidang studi Aqidah Akhlaq siswa MA Assalam Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban, dan (3) adakah pengaruh kenakalan siswa terhadap prestasi belajar bidang studi Aqidah Akhlaq MA Assalam Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kenakalan siswa MA Assalam Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban,(2) Untuk mengetahui prestasi belajar bidang studi Aqidah Akhlaq siswa MA Assalam Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban, dan (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kenakalan siswa terhadap prestasi belajar bidang studi Aqidah Akhlaq MA Assalam Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban. Penelitian ini dilakukan terhadap 30 siswa di MA Assalam Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban. Setelah penelitian ini dilakukan terhadap 30 siswa anggota sampel, dan data analisis dengan teknik korelasi product moment menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kenakalan siswa terhadap prestasi belajar bidang studi Aqidah Akhlaq MA Assalam Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan > 153.1533 Interest and Enthusiasm/Minat dan Antusiasme Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sahabat Perpus |
Date Deposited: | 04 May 2024 03:05 |
Last Modified: | 04 May 2024 08:20 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI NIDN2110027101 Thesis advisor AZIZAH, IMROATUL NIDN0000000000 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5227 |