NADHIFAH, NADHIFAH (2011) PENERAPAN METODE SIMULASI TERHADAP KETERCAPAIAN KOMPETENSI DASAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI KELAS XI MA YPPI 1945 BABAT LAMONGAN. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.
2011_NADHIFAH.pdf
Download (39MB)
Abstract
Permasalahan yang sering kali dijumpai dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran agama Islam adalah bagaimana cara menyajikan materi kepada anak didik secara baik sehingga diperoleh hasil yang efisien dan efektif, untuk itu guru dituntut menguasai sebanyak mungkin sistem penyajian, dalam hal ini yaitu metode pembelajaran
Salah satu metode dalam pembelajaran adalah metode simulasi Metode ini dimaksudkan sebagai cara untuk menjelaskan sesuatu (bahan pelajaran) melalui perbuatan yang bersifat pura-pura atau melalui proses tingkah laku imitası, atau bermain peran mengenai suatu tingkah laku yang dilakukan seolah- olah dalam keadaan yang sebenarnya
Kompetensi dasar adalah sejumlah kompetensi yang memberikan gambaran bahwa siswa telah mencapai standar kompetensi Di dalam komponen kompetensi dasar ini juga dimuat hasil belajar, yaitu pernyataan unjuk kerja yang diharapkan setelah peserta didik mengalami pembelajaran dalam kompetensi tertentu Ketercapaian kompetensi dasar yang dimaksud adalah seberapa jauh penguasaan siswa terhadap materi baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor
Skripsi ini meneliti tentang pengaruh penerapan metode simulasi terhadap ketercapaian kompetensi dasar pada mata pelajaran Qur'an Hadits Ada tiga rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu, 1) Bagaimana penerapan metode simulasi pada mata pelajaran Pelajaran Qur'an Hadits di MA YPPI 1945 Babat Lamongan? 2) Bagaimana ketercapaian kompetensi dasar pada mata pelajaran Pelajaran Qur'an Hadits di MA YPPI 1945 Babat Lamongan" 3) Bagaimana pengaruh penerapan metode simulasi terhadap ketercapaian kompetensi dasar pada mata pelajaran Pelajaran Qur'an Hadits di MA YPPI 1945 Babat Lamongan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat korelasional dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, interview, angket, dokumentasi, dan tes pengukuran berupa tes pencapaian (achievement test) Penulis mencoba menjawab pertanyaan pada rumusan masalah dengan metode analisa deskriptif Penjabaran hasil data dihitung dengan nilai frekuensi prosentase relatif Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode simulasi terhadap ketercapaian kompetensi dasar digunakan rumus korelasi product moment dan hasilnya dinterpretasikan dengan kalimat yang bersifat kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode simulasi pada mata pelajaran Qur'an Hadits di MA YPPI 1945 Babat dalam kategori cukup baik, sedangkan ketercapaian kompetensi dasar siswa juga cukup baik Dan pengaruh yang ditimbulkan oleh penerapan metode simulasi terhadap ketercapaian kompetensi dasar mata pelajaran Qur'an Hadits adalah cukup
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sahabat Perpus |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 07:19 |
Last Modified: | 03 May 2024 07:10 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor SUGENG, SUGENG NIDN0000000000 Thesis advisor SYAIFUDDIN, M NIDN0000000000 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5165 |