PERBANDINGAN PENERAPAN METODE AN-NAHDLIYAH DI TPQ NURUL JADID DESA CEKALANG KEC. SOKO DENGAN METODE TILAWATI DI TPQ TARBIYATUL ATHFAL DESA JATISARI KEC. SENORI KAB. TUBAN

MUHAIMIN, MUHAIMIN (2011) PERBANDINGAN PENERAPAN METODE AN-NAHDLIYAH DI TPQ NURUL JADID DESA CEKALANG KEC. SOKO DENGAN METODE TILAWATI DI TPQ TARBIYATUL ATHFAL DESA JATISARI KEC. SENORI KAB. TUBAN. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2011_MUHAIMIN.pdf] Text
2011_MUHAIMIN.pdf

Download (30MB)

Abstract

Mengingat sangat pentingnya pembelajaran Al-Quran yang cepat dan praktis sehingga dipandang perlu mencari dan menemukan metode yang tepat dan praktis serta memiliki kualifikasi untuk tercapainya pembelajaran yang optimal Sehingga muncullah banyak metode-metode pembelajaran Al-Quran diantaranya an-nahdliyah dan Tilawati Berpijak dari uraian diatas permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan metode An-Nahdliyah di TPQ Nurul Jadid desa Cekalang Kec Soko Kab Tuban (2) bagaimanakah penerapan metode Tilawati di TPQ Tarbiyatul Athfal Jatileres Jatisari Kec Senori Kab Tuban (3) apakah ada perbedaan dan persamaan metode An-Nahdliyah dan metode Tilawati Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui penerapan metode An-Nahdliyah di TPQ Nurul Jadid desa Cekalang Kec Soko Kab Tuban (2) mengetahui penerapan metode Tilawati di TPQ Tarbiyatul Athfal Jatileres desa Jatisari Kec Senori Kab Tuban (3) untuk mengetahui adanya persamaan dan perbedaan antara kedua metode
Penelitian ini dilakukan pada kedua lembaga TPQ tersebut diatas talah dihasilkan kesimpulan (1) Metode An-Nahdliyah, cara mengajarkan Al-Qur'an dengan lebih mengedepankan proses pengenalan makhoryul huruf secara maksimal dan proses belajar adil dari segi panjang pendek bacaan dengan sitem ketukan tongkat sehingga disamping santri semangat kerena diiringi irama ketukan juga terjadi proses musafahah yang maksimal (2) Metode Tilawati, cara mengajarkan Al-Qur'an dengan prinsip pengajaran praktis anak langsung diajak membaca dengan irama lagu rast sehingga dengan selesainya program ini anak bisa membaca Al-Qur'an dengan lancar dan lagu (3) Ada perbedaan antara kedua metode tersebut Sebagai saran agar guru TPQ masing-masing agar tetap selalu mengoptimalkan pembelajaran dengan selalu belajar menguasai teknik yang telah ada secara maksimal

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 30 Apr 2024 06:50
Last Modified: 03 May 2024 07:07
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
YUSUF, ANAS
NIDN0000000000
Thesis advisor
HUDA, NURUL
NIDN2114067801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5160

Actions (login required)

View Item
View Item