SUPYAN, MUH (2011) SOSOK DAN PERAN GURU MENURUT AL-GHAZALI. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.
2011_MUH SUPYAN.pdf
Download (31MB)
Abstract
Pendidikan merupakan masalah penting yang memperoleh prioritas utama sejak awal kehidupan manusia Bahkan Rasulullah SAW sendiri telah mengisyaratkan bahwa proses belajar bagi setiap manusia adalah sejak ia masih dalam kandungan ibunya, sampai ia sudah mendekati liang kuburnya Sebagai agama yang mengutamakan pendidikan, maka sepanjang kurun kehidupan umat Islam hingga kini, telah muncul banyak ahli pendidikan yang menyumbangkan buah pikirannya dalam bidang pendidikan
Berpijak dari uraian di atas permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana komitmen Al Ghazali dalam pendidikan, (2) bagaimana sosok guru menurut Al Ghazali, dan (3) bagaimana peran guru menurut Al Ghazalı Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui komitmen Al Ghazali dalam pendidikan, (2) mengetahui sosok guru menurut Al Ghazalı, dan (3) mengetahui peran guru menurut Al Ghazali
Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan historis dan filosofis dan metode analisis data induktif deduktif, komparatif dan deskriptif
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Al Ghazalı merupakan tokoh pendidikan Islam yang hidupnya didedikasikan untuk belajar mengajar dan penelitian khususnya urusan pendidikan agama Islam Sedangkan sosok guru menurut Al Ghazali adalah seseorang yang bertanggung jawab atas pendidikan dan pengajaran Adapun peran guru adalah guru bertugas sebagaimana seorang rosul
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sahabat Perpus |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 06:45 |
Last Modified: | 03 May 2024 07:06 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor IZZA, YOGI PRANA NIDN0731127601 Thesis advisor ULFA, ULFA NIDN0000000000 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5159 |