NI'AM, M ATHOUN (2011) PENDIDIKAN PRANATAL DALAM TINJAUAN PEDAGOGIS ISLAM. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.
2011_M. ATHOUN NI'AM.pdf
Download (39MB)
Abstract
Pada dasarnya Pendidikan Islam merupakan kebutuhan manusia, karena sebagai makhluk pedagogis, ia dilahirkan dengan membawa potensi dapat dididik dan mendidik sehingga mampu menjadi khalifah di bumi, serta pendukung dan pengembang kebudayaan Ia dilengkapi dengan fitrah yang berupa bentuk yang dapat diisi dengan berbagai kecakapan dan keterampilan yang dapat berkembang sesuai dengan kedudukannya sebagai makhluk yang mulia Secara real pendidikan dimulai sejak anak dilahirkan, namun Islam mengajarkan kepada setiap mukmin untuk mempersiapkan pendidikan anak-anak Jauh sebelum terjadinya kelahiran itu sendiri, yaitu sejak ia menentukan pilihan Jodohnya atas dasar ketaatan beragama, bukan atas dasar kecantikan, kekayaan, kebangsawanan, atau yang lainya Karena dari wanita yang salekhah akan memberikan ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup berumah tangga, serta kelak akan sangup mendidik anak keturunannya sebaik mungkin Adapun sumber data yang penulis gunakan terbagi menjadi dua, yaitu, sumber data primer, dan sumber data sekuder (a) Sumber data primer adalah sumber data langsung yang dikaitkan dengan obyek penelitian Sumber data primer yang digunakan adalah al-qur'an dan hadits (b) Sumber data sekuder yaitu sumber data yang mendukung dan melengkapi sumber-sumber data primer Sumber data ini diambil dari buku-buku atau karya ilmiah yang berkaitan dengan pembahasan skripsi ini Berdasarkan fitrah di atas, maka penulis menyimpukan seseorang cenderung untuk melakukan sesuatu yang baik, indah dan benar Namun kecenderungan tersebut tidak akan menjadi suatu perbuatan yang benar-benar nyata tanpa adanya pendidikan Jadi tujuan pendidikan pranatal dalam Islam adalah untuk mengembangkan potensi dasar manusia (fitrah) dan untuk mewujudkan insan kamil yang diberikan sedini mungkin, yaitu sejak dalam kandungan melalui orang tua terutama ibu, yang bersifat peneladanan ataupun pembiasaan mereka dalam kehidupan sehari-hari
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sahabat Perpus |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 08:35 |
Last Modified: | 03 May 2024 07:02 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor BADARUDDIN, AHMAD NIDN0000000000 Thesis advisor HUDA, AGUS NIDN0000000000 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5146 |