ANALISIS KOMPARATIF ANTARA TEORI BELAJAR PRESPEKTIF BARAT DAN ISLAM

MAHFUD, M (2011) ANALISIS KOMPARATIF ANTARA TEORI BELAJAR PRESPEKTIF BARAT DAN ISLAM. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2011_M MAHFUD.pdf] Text
2011_M MAHFUD.pdf

Download (64MB)

Abstract

Belajar merupakan kebutuhan dan berperan penting dalam kehidupan manusia Hal ini disebabkan manusia terlahir sebagai makhluk yang lemah yang tidak bisa apa-apa dan tidak mengetahui apa-apa, ia hanya dibekali potensi jasmaniah dan rohaniah (QS An-Nahl 78) Maka sangat beralasan jika mengapa dan bagaimana manusia itu dipengaruhi oleh bagaimana ia belajar Oleh karena itu belajar adalah "key term" (istilah kunci) yang paling vital dalam usaha pendidikan Sehingga tanpa belajar sesungguhnya tidak pernah ada pendidikan
Mengingat betapa urgennya belajar, maka muncul istilah teori belajar, yaitu kumpulan prinsip umum yang saling berhubungan merupakan penjelasan atas sejumlah fakta dan penemuan yang berkaitan dengan peristiwa belajar Teori belajar selama ini kebanyakan dari Barat yang mempunyai orientasi yang berbeda dengan Islam Amat disayangkan umat Islam mengadopsi teori-teori tersebut secara tidak kritis Bahkan di universitas-universitas yang berlabel Islam sekalipun masih menggunakan teori belajar konvensional sebagai satu-satunya referensi utama Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengambil judul Analisis Komparatif antara Teori Belajar dalam Perspektif Barat dan Islam

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan > 153.1533 Interest and Enthusiasm/Minat dan Antusiasme Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:22
Last Modified: 03 May 2024 07:01
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
YUSUF, ANAS
NIDN0000000000
Thesis advisor
HUDA, NURUL
NIDN2114067801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5145

Actions (login required)

View Item
View Item