HAKIM, LUKMAN (2011) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SURAT AL-FATIHAH. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.
2011_LUKMAN HAKIM.pdf
Download (37MB)
Abstract
Dua pertiga dari keseluruhan ayat Al-Qur'an mengandung motivasi pendidikan, maka surat al-Fatihah sebagai surat yang paling populer dan sebagai pembuka dari Al-Qur'an (umm al-kitab), juga mengandung makna pendidikan
Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu a) Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam?, b) Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam dalam Surat Al-fatihah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai- nilai pendidikan Islam yang termuat dalam surat Al-Fatihah
Penelitian ini menggunakan metode riset kepustakaan (library research) dengan teknik analisis deskriptif kualitatif Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode tahlily, interpretasi dar komparası Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam termuat dalam surat al-Fatihah Secara umum kandungan lafaaz-lafadznya memuat tentang i) keimanan, 2; pokok-pokok ibadah, 3) pokok-pokok ajaran tentang hukum agama atau syari'ah, dan 4) pokok-pokok ajaran tentang kisah
pokok utama pendidikan adalah keimanan dan ketakwaan Surat al- Fatihah juga memuat tujuan pendidikan jika dikorelasıkan dengan tujuan pendidikan Islam yang identik dengan tujuan Islam sendiri, yaitu sesuai dengan hakikat penciptaan manusia agar manusia menjadi pengabdi Allah yang patuh dan setia dengan iman dan takwa Korelasi ini didukung pula jika predikat takwa merupakan tujuan akhir dari sebuah proses pendidikan, apalagi jika dikorelasikan dengan tujuan akhir dari pendidikan Islam adalah realisasi dari cita-cita ajaran Islam itu sendiri, yang membawa misi bagi kesejahteraan umat manusia di dunia dan di akhirat Surat al- Fatihah juga memuat materi dan metode pendidikan Muatan materi tersebut jika merujuk pada kandungan makna surat al-Fatihah sendiri, misalnya keimanan dan ketakwaan dan kisah-kisah teladan yang menurut para ahli harus menjadi materi dasar pendidikan Islam dan akan mengintegrasikan seluruh materi pelajaran lain baik pelajaran agama maupun umum sebagai kesatuan Sedangkan metode pendidikan dengan mendasarkan pada pandangan bahwa pendidikan harus dapat memanfaatkan seluruh jagat raya ciptaan Allah sebagai sarana untuk membawa anak didik mengenal Tuhan dan ciptaan-Nya, dan memperlakukan anak didik sebagai makhluk yang sama kedudukannya dengan dirinya Motivasi pendidikan harus dilakukan dengan ikhlas, tanggung jawab, kejujuran dan penuh kreativitas sebagaimana halnya Allah SWT telah melakukan semua itu terhadap ciptaan-Nya Seorang guru harus mampu meniru dan mempraktekkan sifat-sifat Tuhan menurut kadar kesanggupannya, dan ini merupakan metode pengajaran yang sangat ideal
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sahabat Perpus |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 08:09 |
Last Modified: | 03 May 2024 07:01 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor IZZA, YOGI PRANA NIDN0731127601 Thesis advisor MA'ARIF, M JAUHARUL NIDN2128097201 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5144 |