PENGARUH PENERAPAN METODE ABA (APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS) TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN SHOLAT SISWA DI MTS ISLAHIYAH KALITIDU BOJONEGORO

ALFI, LAYLI FITRIA (2011) PENGARUH PENERAPAN METODE ABA (APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS) TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN SHOLAT SISWA DI MTS ISLAHIYAH KALITIDU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2011_LAILY FITRIA ALFI.pdf] Text
2011_LAILY FITRIA ALFI.pdf

Download (45MB)

Abstract

Shalat adalah hal yang paling penting dalam kehidupan kıta Oleh karena itu, orang tua atau guru wajib memerintahkan anak atau siswanya untuk mengerjakan shalat agar terbentuk kedisiplinan shalat dalam dırı anak Dalam mendisiplinkan anak, orang tua maupun guru memerlukan suatu cara yang bisa untuk mendisiplinkan shalat anak Maka dari itu, metode ABA (Applied Behavior Analysis) ini sangat tepat digunakan untuk meningkatkan kedisiplinan shalat pada anak Karena pembiasaan perilaku (shalat) pada anak membentuk kesadaran dalam dirinya bahwa shalat adalah kewajiban yang harus dilakukan tanpa adanya paksaan
Dalam skripsi ini, penulis akan membahas tentang pengaruh metode ABA (Applied Behavior Analysis) terhadap peningkatan kedisiplinan shalat siswa di MTs Islahiyah Kalıtıdu Bojonegoro dengan tiga masalah (1) Bagaimana penerapan metode ABA (Applied Behavior Analysis) di MTs Islahiyah Kalıtıdu Bojonegoro? (2)Bagaimana kedisiplinan shalat siswa di MTs Islahıyah Kalıtıdu Bojonegoro? (3) Apakah ada pengaruh penerapan metode ABA (Applied Behavior Analysis) dalam meningkatkan kedisiplinan shalat siswa di MTs Islahıyah Kalıtıdu Bojonegoro?
Dalam penelitian ini, jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan pendekatan yang digunakan adalah populasi dan sampel Sedangkan untuk mendapatkan data, penulis menggunakan metode observasi, dokumentası, interview dan angket Setelah itu, dianalisis dengan teknik prosentase dan product moment Dan hasıl yang didapatkan adalah (1)Bahwa metode ABA (Applied Behavior Analysis) terhadap kedisiplinan shalat siswa adalah tergolong rendah yakni melihat hasil nilai penerapan metode ABA (Applied Behavior Analysis) yaitu senilai 4,74% (2) Bahwa kedisiplinan shalat siswa adalah tergolong sedang atau cukup yakni dengan melihat hasıl nilai peningkatan kedisiplinan shalat siswa yaitu senilai 5,89% (3) Bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode ABA (Applied-Behavior Analysis) dengan peningkatan kedisiplinan shalat siswa yakni dengan melihat hasil nilai dari rumus Product Moment yaitu 0,52 yang telah dikonsultasikan dengan r tabel termasuk dalain kategori sedang/cukup
Adapun saran penulis adalah hendaknya para guru lebih memaksimalkan penerapan metode ABA (Applied Behavior Analysis) ini agar dapat tercapai tujuan yang diinginkan Dan bagi siswa hendaknya lebih meningkatkan kedisiplinan shalatnya

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 29 Apr 2024 07:56
Last Modified: 29 Apr 2024 07:56
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
YUSUF, ANAS
NIDN0000000000
Thesis advisor
MA'ARIF, M JAUHARUL
NIDN2128097201
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5142

Actions (login required)

View Item
View Item