AHMAD, KHOLISHON (2011) UPAYA SEKOLAH OVERCAPACITY DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SISWA PADA MATERI QUR'AN HADITS DI MI FATHUL ULUM SUKOSEWU SUKOSEWU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.
2011_AHMAD KHOLISHON.pdf
Download (32MB)
Abstract
Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah masih banyaknya sekolah di Indonesia khususnya di Bojonegoro yang masih menyandang status sekolah Overcapacity Dimana antara jumlah ruang kelas dengan jumlah peserta didik tidak seimbang Dan ketidakseimbangan tersebut akan berdampak pada proses pembelajaran Pelaksanaan pembelajaran yang baik akan sangat mempengaruhi keberhasilan pendidikan Berkenaan dengan hal ini, maka suatu lembaga pendidikan harus mampu memberikan sistem pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik Sedangkan sistem pembelajaran itu sendiri dapat berhasil secara optimal jika didukung oleh semua fasilitas Sekolah Unsur paling penting yang dihadapi sekolah adalah kebutuhan untuk mempertahankan jumlah peserta didik dengan sarana dan prasarana di sekolah yang memadai oleh karena itu, lembaga sekolah yang masih menyandang sekolah Overcapacity dirasa perlu mengadakan upaya-upaya atau usaha-usaha untuk mengatasi masalah tersebut
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang menganut aliran fenomenologis yang menitikberatkan kegiatan penelitian ilmiah dengan jalan menguraikan (describing) dan pemahaman (understanding) terhadap gejala-gejala sosial (sekolah) yang diamati Atau bisa juga disebut penelitian deskriptif, yaitu suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena yang bersifat alamiah ataupun rekayasa manusia
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran siswa Overcapacity, bagaimana upaya sekolah Overcapacity dalam meningkatkan pembelajaran siswa, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Siswa Overcapacity serta upaya penyelesaiannya
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan pembelajaran sekolah Overcapacity, bagaimana upaya sekolah Overcapacity, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran di sekolah Overcapacity
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran siswa Overcapacity di MI Fathul Ulum Sukosewu Sukosewu Bojonegoro belum optimal, dan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh madrasah tersebut dalam kategori cukup baik
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sahabat Perpus |
Date Deposited: | 27 Apr 2024 04:06 |
Last Modified: | 27 Apr 2024 08:39 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor IZZA, YOGI PRANA NIDN0731127601 Thesis advisor IMROATUL, AZIZAH NIDN0000000000 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5112 |