MAGHOZIN, DARUL (2020) UPAYA KEPALA MADRASAH MENANGKAL RADIKALISME DI MADRASAH ALIYAH SUNAN BONANG DESA SUCIHARJO KECAMATAN PARENGAN KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (153kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (939kB)
BAB 1.pdf
Download (196kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (372kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (263kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (252kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bermula dari terjadinya aksi-aksi kekerasan yang bersumber dari pemahaman radikal. Kecenderungan yang menjadi sasaran dalam penyebaran paham ini adalah anak-anak dalam usia remaja yang menduduki sekolah tingkat menengah. kepala madrasah memiliki peran untuk memberikan pemahaman mengenai aqidah yang benar dengan tidak mengesampingkan nilai-nilai kebhinekaan dan kebangsaan sebagai bekal untuk dapat mencegah timbulnya gesekan-gesekan antar umat islam maupun beragama serta menghindari ajaran radikal untuk mencegah aksi-aksi kekerasan yang mengatasnamakan agama. Fokus dalam penelitian ini adalah peran kepala madrasah dalam menangkal radikalisme di lingkungan sekolah yang dipimpinya dan juga kontrol guru Pendidikan Agama Islam terhadap perkembangan dan prilaku siswa. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi,dengan sumber data kepala madrasah, wakil kepala madrasah,dan guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Aliyah Sunan Bonang Desa Suciharjo Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan studi kasus, yaitu pendekatan yang penelitian mengeksplor segala sesuatu dalam kehidupan nyata secara detail dan mendalam melalui berbagai cara. Misalnya, melalui sumber informasi berupa wawancara,observasi, dokumentasi,dan sebagainya. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna tersebut dapat ditarik kesimpulan. Berdasarkan dari hasil analisis kajian skripsi ini, peran kepala madrasah dalam menangkal penyebaran paham radikal di lingkungan sekolah yakni dengan mengembangkan kurikulum, memperkuat pendidikan karakter, menambah mata pelajaran Ahlusunnah Wal-Jama’ah, melakukan pendampingan dalam kegiatan nonakademik. Dalam kontrol terhadap perkembangan dan prilaku siswa, guru melakukan dengan kontrol bahan ajar, buku di perpustakaan, situs-situs yang dikunjungi siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepala Madrasah, Radikalisme |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 04:51 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 04:42 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor FAHMAN, MUNDZAR UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/506 |