EFEKTIFITAS BELAJAR MANDIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI KELAS V DI MI ITTIKHODIYAH SUDAH MALO BOJONEGORO

KISSUBINANTO, KISSUBINANTO (2010) EFEKTIFITAS BELAJAR MANDIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI KELAS V DI MI ITTIKHODIYAH SUDAH MALO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2010_KISSUBINANTO.pdf] Text
2010_KISSUBINANTO.pdf

Download (28MB)

Abstract

Pengajaran adalah suatu aktivitas (proses) mengajar-belajar Di dalamnya ada dua subyek yaitu guru dan peserta dıdık Dımana pengajaran merupakan subset darı pendidikan, atau pengajaran (dı sekolah) masuk dalam konteks ruang pendidikan Belajar mandırı adalah Suatu proses belajar yang mengajak siswa melakukan tindakan mandırı yang melibatkan terkadang satu orang atau kelompok

Sedangkan permasalahan yang diambil adalah bagaimana kemampuan guru mengelolah pembelajaran, aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. bagaimana efektifitas sistem belajar siswa terbimbing terhadap hasıl belajar Pendıdıkan Agama Islam di MI Ittıkhodiyah Sudah Malo Bojonegoro

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, adapun metode yang digunakan adalah observası, angket, dokumentası, dan tes Sedangkan analısıs yang digunakan adalah analısıs

deskriptif, dan analısıs data statıstıka Dan hasıl observası kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran terpredikat baik, hal ını dılıhat rata-rata 3,25 3,2 3,5 Adapun hasıl belajar siswa kelas II MI Ittikhodiyah Sudah Malo yang ada dalam kategori 89-92 dengan

frekwensi 26 mendapat 65%, menunjukkan bahwa hasıl belajar tersebut masuk

dalam kategori tinggi

Sedangkan untuk membuktikan ada tidaknya efektifitas pembelajaran belajar mandırı terhadap hasıl belajar Pendıdıkan Agama Islam diperoleh darı hasıl penilaian pre tes dan post-tes siswa Setelah itu dianalısıs dengan un-T bahwa t hitung adalah -10 336 dengan probabilitas 0,00 Karena probabilitas < 0,05, maka Ho ditolak Maka pembelajaran belajar mandırı efektif dalam meningkatkan prestası belajar siswa

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahabat Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2024 03:10
Last Modified: 23 Apr 2024 03:10
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
NIDN2110027101
Thesis advisor
AFFANDI, CHAFIDZ
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5025

Actions (login required)

View Item
View Item