Aliriad, Hilmy and S, Adi and Apriyanto, Rohmad and Da'i, Mohamad (2023) Peran Globalisasi Pendidikan Tinggi dalam Pengembangan Pendidikan Jasmani yang Berkualitas di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. pp. 385-390. ISSN 2686-6404
18. Prosiding, P1,2023.pdf - Published Version
Download (152kB)
18. Prosiding, P1,2023, Cek Pla.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Globalisasi pendidikan tinggi dapat memberikan kontribusi positif dalam penguatan kecemerlangan pendidikan di Indonesia, termasuk dalam bidang pendidikan jasmani. Dalam konteks pendidikan jasmani, globalisasi pendidikan tinggi dapat memberikan kesempatan bagi perguruan tinggi di Indonesia untuk mengembangkan kurikulum yang lebih inklusif dan beragam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran globalisasi pendidikan tinggi dalam pengembangan pendidikan jasmani yang berkualitas di Indonesia. Memahami dan menjelaskan fenomena dalam konteks yang kompleks dan tidak terukur secara kuantitatif, seperti pengalaman dan persepsi para stakeholder dalam pengembangan pendidikan jasmani di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode penelitian ini akan dilakukan melalui wawancara mendalam, dan analisis dokumen terkait kepada ahli Pendidikan Jasmani. Hasil penelitian Beberapa perguruan tinggi memiliki program khusus untuk atlet dan mahasiswa yang berprestasi di bidang olahraga. Terdapat beberapa penelitian yang dilakukan terkait dengan pengembangan pendidikan jasmani di Indonesia, namun jumlahnya masih terbatas. Tema penelitian meliputi pengaruh olahraga terhadap kesehatan, pengaruh lingkungan terhadap aktivitas fisik, dan efektivitas program latihan fisik. Implikasi atau manfaat dari penelitian ini adalah meningkatnya kesadaran akan pentingnya pengembangan pendidikan jasmani yang berkualitas di Indonesia. Hal ini dapat membantu dalam meningkatkan kualitas pendidikan jasmani yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Selain itu, pengembangan kurikulum yang inklusif dan beragam dapat memperluas kesempatan bagi siswa yang memiliki bakat dan minat dalam bidang olahraga. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan juga mampu membantu pemerintah dan perguruan tinggi dalam merumuskan kebijakan dan program yang lebih efektif dalam pengembangan pendidikan jasmani di Indonesia
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran globalisasi; pendidikan tinggi; pendidikan jasamani |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Hilmy Aliriad |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 03:39 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 03:39 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Author Aliriad, Hilmy NIDN0707048904 Author S, Adi NIDN0713039501 Author Apriyanto, Rohmad NIDN0704048703 Author Da'i, Mohamad NIDN0719089401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4957 |