AFIFATUN, SITI and Ni'mah, Roudlotun and Fikri, Mohammad Tsaqibul (2022) STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9 (1). pp. 56-64. ISSN 2528-3553
Artikel Practice Rehearsal Pairs.pdf - Published Version
Download (534kB)
Practice Rehearsal Pairs.pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
Pada masa pandemiCovid-19, dengan dibatasinya proses pembelajaran anak membuat perilaku prososialnya menurun disebabkan kurangnya interaksi dengan teman sebayanya. Hal tersebut kemudian mendorong guru untuk menemukan strategi baru yaitu strategi practice rehearsal pairs. Strategi practice rehearsal pairs(praktik berpasangan) ini merupakan strategi sederhana yang digunakan untuk mempraktikkan sebuah keterampilan atau prosedur dengan teman belajar. Penelitian ini dilakukan diTK Al-Falahiyah Banjarsari Trucuk, dengan pendekatan penelitian kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini di antaranya wawancara, observasi, dan, dokumentasi. Analisis data menggunakan Triangulasi. Berdasarkan hasil observasi penelitian yang telah dilakukan, didapatkan kesimpulan yang menunjukkan perkembangan perilaku prososial anak melalui strategi practice rehearsal pairs. Hasil dari metode practice reherarsal pairs cocok digunakan untuk mendorong anak bersosial dengan teman-temannya. Berdasarkan hasil penelitian ini juga dapat digambarkan bahwa adanya pembiasaan berpasangan membuat interaksi/komunikasi dua arah juga lebih terukur.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prososial; Praktik berpasangan; Pembiasaan |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mohammada Tsaqibul Fikri |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 08:50 |
Last Modified: | 02 Mar 2024 07:13 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Author AFIFATUN, SITI UNSPECIFIED Author Ni'mah, Roudlotun NIDN2125068202 Author Fikri, Mohammad Tsaqibul NIDN2108089201 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4930 |