STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN

AFIFATUN, SITI and Ni'mah, Roudlotun and Fikri, Mohammad Tsaqibul (2022) STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9 (1). pp. 56-64. ISSN 2528-3553

[thumbnail of Artikel Practice Rehearsal Pairs.pdf] Text
Artikel Practice Rehearsal Pairs.pdf - Published Version

Download (534kB)
[thumbnail of Practice Rehearsal Pairs.pdf] Text
Practice Rehearsal Pairs.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pada masa pandemiCovid-19, dengan dibatasinya proses pembelajaran anak membuat perilaku prososialnya menurun disebabkan kurangnya interaksi dengan teman sebayanya. Hal tersebut kemudian mendorong guru untuk menemukan strategi baru yaitu strategi practice rehearsal pairs. Strategi practice rehearsal pairs(praktik berpasangan) ini merupakan strategi sederhana yang digunakan untuk mempraktikkan sebuah keterampilan atau prosedur dengan teman belajar. Penelitian ini dilakukan diTK Al-Falahiyah Banjarsari Trucuk, dengan pendekatan penelitian kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini di antaranya wawancara, observasi, dan, dokumentasi. Analisis data menggunakan Triangulasi. Berdasarkan hasil observasi penelitian yang telah dilakukan, didapatkan kesimpulan yang menunjukkan perkembangan perilaku prososial anak melalui strategi practice rehearsal pairs. Hasil dari metode practice reherarsal pairs cocok digunakan untuk mendorong anak bersosial dengan teman-temannya. Berdasarkan hasil penelitian ini juga dapat digambarkan bahwa adanya pembiasaan berpasangan membuat interaksi/komunikasi dua arah juga lebih terukur.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prososial; Praktik berpasangan; Pembiasaan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mohammada Tsaqibul Fikri
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:50
Last Modified: 02 Mar 2024 07:13
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
AFIFATUN, SITI
UNSPECIFIED
Author
Ni'mah, Roudlotun
NIDN2125068202
Author
Fikri, Mohammad Tsaqibul
NIDN2108089201
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4930

Actions (login required)

View Item
View Item