Fikri, Mohammad Tsaqibul and HIDAYAH, HIDAYAH (2021) PENGARUH BLENDED LEARNING BERBASIS COOPERATIVE LEARNING PADA PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. ABATA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1 (1): 6. pp. 66-81. ISSN 2807-9809
Artikel Pengaruh Blended Learning.pdf - Published Version
Download (451kB)
Pengaruh Blended Learning.pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
Model pembelajaran blended learning berbasis cooperative learning bisa menjadi salah satu alternatif dalam mengembangkan kognitif anak usia dini, dengan menggunakan berbagai kegiatan yang menarik sehingga anak mampu memecahkan masalah secara kreatif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis signifikasi pengaruh model blended learning berbasis cooperative learning pada perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Pre eksperimental dengan desain one group Pretest-Posttest. Penelitian ini di laksanakan di KB Al Hikmah Desa Cengkong Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Waktu melakasanakan penelitian ini pada tanggal 25-27 Februari 2021. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 18 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan analisis tabel, analisis uni non parametrik dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran blenden learning berbasis cooperative learning pada perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun sebelum di beri aktivitas pembelajaran blended learning dan sesudah di beri aktivitas pembelajaran blended learning.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning;CooperativeLearning;Pekembangan Kognitif; |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mohammada Tsaqibul Fikri |
Date Deposited: | 02 Mar 2024 06:51 |
Last Modified: | 02 Mar 2024 06:51 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Author Fikri, Mohammad Tsaqibul NIDN2108089201 Author HIDAYAH, HIDAYAH NIM2019210014 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4925 |