PENGARUH BLENDED LEARNING BERBASIS COOPERATIVE LEARNING PADA PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

Fikri, Mohammad Tsaqibul and HIDAYAH, HIDAYAH (2021) PENGARUH BLENDED LEARNING BERBASIS COOPERATIVE LEARNING PADA PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. ABATA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1 (1): 6. pp. 66-81. ISSN 2807-9809

[thumbnail of Artikel Pengaruh Blended Learning.pdf] Text
Artikel Pengaruh Blended Learning.pdf - Published Version

Download (451kB)
[thumbnail of Pengaruh Blended Learning.pdf] Text
Pengaruh Blended Learning.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Model pembelajaran blended learning berbasis cooperative learning bisa menjadi salah satu alternatif dalam mengembangkan kognitif anak usia dini, dengan menggunakan berbagai kegiatan yang menarik sehingga anak mampu memecahkan masalah secara kreatif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis signifikasi pengaruh model blended learning berbasis cooperative learning pada perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Pre eksperimental dengan desain one group Pretest-Posttest. Penelitian ini di laksanakan di KB Al Hikmah Desa Cengkong Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Waktu melakasanakan penelitian ini pada tanggal 25-27 Februari 2021. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 18 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan analisis tabel, analisis uni non parametrik dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran blenden learning berbasis cooperative learning pada perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun sebelum di beri aktivitas pembelajaran blended learning dan sesudah di beri aktivitas pembelajaran blended learning.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Blended Learning;CooperativeLearning;Pekembangan Kognitif;
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mohammada Tsaqibul Fikri
Date Deposited: 02 Mar 2024 06:51
Last Modified: 02 Mar 2024 06:51
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Fikri, Mohammad Tsaqibul
NIDN2108089201
Author
HIDAYAH, HIDAYAH
NIM2019210014
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4925

Actions (login required)

View Item
View Item